Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , » Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Depok Sumarno, M. Pd : Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 2 Dimulai Baca Al Quran Sebelum Belajar Serta Berdoa Bersama Bagi Pelajar Nasrani

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Depok Sumarno, M. Pd : Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 2 Dimulai Baca Al Quran Sebelum Belajar Serta Berdoa Bersama Bagi Pelajar Nasrani

Written By mansyur soupyan sitompul on Senin, 06 November 2017 | 14.27

Kota Depok-www.dutabangsanews.com PEMERINTAH dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menggagas pendidikan karakter untuk para siswa, tujuannya. Jelas agar para siswa tersebut mengenali jati dirinya, mengenali siapa dirinya, dengan mengenali jati dirinya tentu siswa maupun siswi tersebut bisa menahan diri dari keadaan yang kurang baik di lingkungannya. Wartawan Media Online www.dutabangsanews.com mewawancarai Kepala SMP Negeri 2 Kota Depok Sumarno, S.Pd,. M.Pd.

Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sumarno, S.Pd,. M.Pd menilai, dalam hal pengembangan pendidikan karakter pemerintah dalam hal ini Menteri Pendidikan sudah mencanangkan dan menyiosialisasi pendidikan karakter ini, Hal ini ini adalah dalam bentuk kesadaran nasional berjalan secara simultan, artinya. Pendidikan karakter tersebut jangan hanya dipercayakan atau dibebankan kepada sekolah maupun anak di sekolah karena anak saat di sekolah sangat terbatas waktunya paling hanya beberapa jam.

“Memang bisa di mulai dari sekolah dalam hal membangun karakter para pelajar, tetapi dalam hal pengembangan lebih lanjut tentang pengembangan karakter tersebut tentu akan dikembangkan di keluarga atau di rumah,”tetapi sinerjitas antara sekolah dan rumah tidak berjalan dengan demikian hanya sekedar konsep, kalaupun sinergitas tersebut berjalan dan haslnya tidak signipikan,”demikian kata Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kota Depok Sumarno, S. Pd,. M. Pd kepada Wartawan Media Online www.dutabangsanews.com bertempat di SMP Negeri 2 Kota Depok Provinsi Jawa Barat.

Tetapi manakala ucap Sumarno sinerjitas antara sekolah dan rumah tidak berjalan, jadi sifatnya hanya sekedar konsep belaka, Di sisi lain keteladan orang-orang tua di rumah sangat menentukan terbentuknya karakter seorang anak, artinya ketika di luar sekolah suasana dan kondisinya tidak mendukung sepertinya pendidikan karakter bagi siswa dan sisiwi seperti akan sulit berkembang. Jadi, sekali lagi sinerjitas antara sekolah dan arumah sangat mewarnai.

“Bagaimana pendidikan karakter di SMP Negeri 2 ini sehari-hari,”tanya Wartawan Media Online www.dutabangsanews.com.

“Pendidikan karakter di SMP Negeri 2 kita mulai sejak awal yaitu sambut pagi, sejak anak-anak masuk pintu gerbang sekolah yaitu pukul 6.45 dan sejak pukul 6 saya sudah ada di gerbang sekolah sebagai contoh bagi anak-anak, salam, sapa, sopan, santun, ketika ada anak-anak kesehariannya bersikap murung, lalu anak tersebut kita panggil, kita sapa, kita bawa dengan suasana cair dan bersahabat, tegur sapa,  bercanda,”sebut Sumarno, M.Pd.

Kultur di SMP 2 selama sekolah ini dipimpin Sumarno, M. Pd salah satunya adalah setelah bel masuk sekolah bunyi bel pukul 6. 45, selanjutnya adalah membaca Al Quran bagi  pelajar beragama islam dan bagi pelajar beragama Nasrani berdoa dan beribadah bersama sesama Pelajar Nasrani. Untuk pendidikan karakter kebangsaan para pelajar sebelum belajar mereka wajib menyanyikan lagu Indonesia Raya dan setelah itu melaksanakan Sholat Duha lalu masuk kelas dan berdoa lalu belajar. Begitu rutinitas kultur di SMP 2 yang Dipimpin Kepala Sekolah Sumarno, S. Pd,. M. Pd. 

Mansur Soupyan Sitompul.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com