Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Sambut Idul Fitri, MUI: Rajut Kebersamaan, Jangan Ada Sekat Pemisah Akibat Pemilu

Sambut Idul Fitri, MUI: Rajut Kebersamaan, Jangan Ada Sekat Pemisah Akibat Pemilu

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 04 Juni 2019 | 12.18

Jakarta,dutabangsanews.com I Hari Raya Idul Fitri 1440 H jatuh pada 5 Juni 2019. Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau agar para khatib Idul Fitri turut mendoakan kedamaian bangsa. Umat Islam juga diminta merajut kebersamaan.

MUI mengucapkan selamat menyongsong Idul Fitri bagi umat Islam di Indonesia. MUI mengimbau umat Islam agar jangan lupa menunaikan kewajiban-kewajiban lain seperti zakat fitrah dan zakat mal.

"Mengharapkan para khatib Idul Fitri menyelipkan doa dalam khutbahnya, untuk kedamaian dan kemaslahatan bangsa, serta tetap terpeliharanya keamanan, kenyamanan, dan jauh dari rasa permusuhan yang bisa mengoyak kebersamaan kita sebagai bangsa," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh dalam keterangannya, Selasa (4/6/2019).

"Selain itu juga mendoakan para pemimpin bangsa untuk terus diberi kekuatan untuk membangun bangsa. Para elitenya diberi kekuatan untuk membangun kebersamaan dan menahan diri dari perpecahan," sambungnya.

Niam menggatakan, hakikat Idul Fitri adalah kesediaan untuk berbagi, termasuk berbagi permaafan sebelum orang memintanya. Saling memaafkan adalah kunci untuk merajut tali silaturahmi. 

"Hakikat silaturrahmi adalah menyambungkan tali persaudaraan yang pernah terputus. Terputus karena jarak, karena kesalahpahaman, karena pemilu, dan karena sebab apapun. Kita wajib menyambung kembali untuk mewujudkan persaudaraan sejati, tanpa iri dan caci maki," jelasnya.

MUI, lanjut Niam, juga meminta umat Islam memperkokoh persaudaraan. Baik itu persaudaraan sesama umat, persaudaraan sebangsa maupun sesama manusia. 

"Tidak ada lagi sekat yang memisahkan, terutama faktor psikologis akibat sisa-sisa pemilu. Saatnya merajut kebersamaan untuk kemaslahatan bersama. Kerugian bangsa lain yang pecah akibat konflik harus dijadikan pelajaran berharga agar kita tidak jatuh pada kondisi yang sama," jelasnya.

Ditambahkan Niam, dirinya juga memberi imbauan kepada umat Islam yang sedang liburan. Dia meminta agar semua tetap menjaga ketentuan agama, menjalankan salat dan menghindari perbuatan terlarang.RED
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com