Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Ini Nama-nama di Bursa Ketua MPR Sejauh Ini

Ini Nama-nama di Bursa Ketua MPR Sejauh Ini

Written By mansyur soupyan sitompul on Kamis, 25 Juli 2019 | 14.08

Jakarta,dutabangsanews.com I Setidaknya ada lima partai politik parlemen 2019-2024 yang sudah terang-terangan menyatakan menginginkan jabatan Ketua MPR. Dari kelima partai politik itu, beberapa di antaranya sudah berbicara soal nama-nama kandidat calon Ketua MPR.

Lima partai yang menginginkan jabatan Ketua MPR tersebut ialah Golkar, PKB, PPP, Gerindra, dan Demokrat. Dari kelima partai tersebut, hanya Demokrat yang belum berbicara soal sosok yang akan diajukan sebagai calon Ketua MPR.

"Di Majelis Tinggi diputuskan, ketuanya kebetulan Pak SBY juga. Nanti pada saatnya (Ketua MPR diputuskan), masih Oktoberlah," kata Waketum Partai Demokrat Syarief Hasan saat dihubungi, Senin (22/7/2019) malam. 

Bagaimana peta bursa Ketua MPR sejauh ini? Berikut ini nama-nama calon kKetua MPR dari sejumlah partai politik yang tercatat hingga Kamis (25/7) pukul 10.30 WIB:

1. Golkar

Ketua Bidang PP Sumatera IV Bobby Adityo Rizaldi menyatakan banyak kader utama Golkar yang layak diajukan sebagai calon Ketua MPR. Meski demikian, nama-nama itu tentu akan melalui proses terlebih dulu. Kader-kader tersebut tentu lolos kembali ke parlemen 2019-2024.

"Ada Pak Sekjen Lodewijk (Lodewijk Freidrich Paulus), Pak Azis Syamsuddin, Pak Bambang Soesatyo, Pak Zainuddin Amali, Pak Muhidin, dan Pak Ridwan Hisjam adalah beberapa tokoh PG yang terpilih 2019-2024 saat ini menonjol di antara kader-kader senior lainnya," ucap Bobby.

2. PKB

PKB merupakan salah satu partai yang sedari awal menyatakan menginginkan kursi ketua MPR. Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan ingin menjabat ketua MPR periode mendatang. Secara tegas PKB menyebut mereka hanya akan mengajukan Cak Imin untuk posisi itu.

"PKB hanya mengajukan Cak Imin karena memang saat ini Cak Imin sebagai kader terbaik sekaligus mewakili NU sebagai penjaga konstitusi," kata Wasekjen PKB Daniel Johan.

3. PPP

PPP punya dua kandidat untuk posisi Ketua MPR. Mereka adalah Sekjen PPP Arsul Sani dan Waketum PPP Arwani Thomafi. Jika tidak bisa mendapat posisi Ketua MPR, dua nama itu bakal diajukan menjadi salah satu pimpinan MPR.

"Pak Arsul Sani, ya Arwani yang sekarang ketua fraksi MPR. Itu aja dua, kalau pendapat kami sebagai orang yang di PPP yang mumpuni untuk posisi tersebut," kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi. 

4. Gerindra

Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman menyatakan posisi Ketua MPR prestise dan wajar diperebutkan. Soal nama kader yang berpotensi menjadi Ketua MPR, sebelumnya pernah diungkap oleh Ketua Fraksi Gerindra MPR Fary Djemy Francis. Fary menyebutkan nama Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

"Salah satunya Pak Muzani, yang selama ini bisa diterima oleh semua fraksi," kata Fary.

5. PDIP

PDIP ternyata juga sudah menyiapkan sejumlah nama yang dinilai cocok untuk menjadi pimpinan MPR 2019-2024. Mereka di antaranya Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Menkum HAM Yasonna Laoly, hingga anggota DPR Trimedya Panjaitan.

"Itu tadi sudah saya sebut. Wakil Ketua MPR kita sekarang kan Pak Ahmad Basarah, doktor Pancasila, lima tahun mendampingi Pak Taufiq Kiemas," kata Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno.

"Beliau dulu pimpinan fraksi, Pak Yasonna Laoly, terus Pak Trimedia Pandjaitan, banyak, Andres Hugo Pareira, tokoh-tokoh yang berkecimpung memahami konstitusi dan sistem ketatanegaraan sekarang," imbuh dia.RED
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com