Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » » Muncul Opsi Cuti Lebaran Diganti di Idul Adha

Muncul Opsi Cuti Lebaran Diganti di Idul Adha

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 05 Mei 2020 | 07.39

Jakarta,dutabangsanews.com - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo mengungkapkan ada opsi tanggal libur cuti Lebaran tahun ini digeser beriringan dengan Idul Adha. Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menilai pemerintah harus berhati-hati mengkaji gesernya cuti Lebaran bersamaan dengan Idul Adha.
"Iya harus hati-hati (mengkaji), kita masih terlalu dini kalau kita bilang nanti bulan Juli (misal) boleh pulang kampung, gitu," kata epidemiolog FKM UI, Iwan Ariawan saat dihubungi, Senin (4/5/2020).

Iwan menilai kajian bergesernya tanggal cuti Lebaran harus melihat perkembangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di daerah. Dia mencontohkan laporan kasus Corona dan PSBB di Jakarta yang dinilai sudah berjalan cukup signifikan."Kan sudah lumayan jalan, kalau kita lihat, di Jakarta kan karena PSBB nya duluan, itu laporan kasus nya mulai turun ya, meskipun belum berakhir ya," ujar Iwan.

"Nah artinya kan Jakarta kalau dilihat dari data yang kita peroleh dari Google, dari pengguna Android, itu kan sudah sekitar 60% yang tinggal di rumah, jadi kelihatannya, kalau kita belajar dari Jakarta kan musti sekitar 60% yang tinggal di rumah baru kelihatan akan turun tuh kasusnya," sambungnya.

Dari berjalannya PSBB pun Iwan menilai juga perlu diperhatikan. Iwan mengatakan PSBB yang sudah berjalan khususnya di Jakarta cukup ketat.

"Cuma musti hati-hati, turunnya karena PSBB, ini kan bukan business as usual dia turun sendiri nih, karena kita lakukan PSBB, lumayan ketat, dia turun kan," ucap Iwan.Lebih lanjut, Iwan mengatakan pergeseran cuti Lebaran bersamaan Idul Adha bisa memunculkan warga akan pulang kampung. Dia mengkhawatirkan laporan kasus Corona akan meningkat.

"Jadi lepas dari PSBB nya harus pelan-pelan, jadi kalau nanti Idul Adha (misal) ada izinkan pulang kampung semua, ya itu mungkin belum bisa ya. Nanti itu (laporan kasus Corona) akan naik lagi takutnya," imbuhnya.Sebelumnya, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo mengungkapkan opsi lain perihal penggantian tanggal libur cuti Lebaran 2020. Doni mengatakan ada opsi tanggal libur cuti Lebaran tahun ini digeser beriringan dengan Idul Adha.

"Untuk penggantian cuti lebaran, ini tadi disampaikan Bapak Presiden masih ada tambahan opsi. Jadi yang semula akhir tahun, satu opsi. Tadi kemudian Bapak KSP memberikan masukan kepada Bapak Presiden. Bapak Presiden meminta untuk dipertimbangkan, mana kira-kira yang lebih baik, apakah pada waktu Idul Adha, akhir Juli, atau nanti tetap akhir tahun," kata Doni dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (4/5).
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com