Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Bangsa Mengucapkan Selamat Mununaikan Ibdah Puasa 1440 H - 2019 M <<<::::::
Home » , » Menlu: Total 116.239 WNI Telah Kembali ke Indonesia Selama Pandemi Corona

Menlu: Total 116.239 WNI Telah Kembali ke Indonesia Selama Pandemi Corona

Written By mansyur soupyan sitompul on Senin, 22 Juni 2020 | 05.06

Jakarta,dutabangsanews.com - Menlu Retno Marsudi mengungkap jumlah WNI di luar negeri yang sudah kembali ke Indonesia menyusul pandemi virus Corona (COVID-19). Ia merinci WNI yang berada di Malaysia, WNI anak buah kapal (ABK), dan WNI dari luar Malaysia.
"Per hari kemarin WNI yang telah kembali dari Malaysia jumlahnya adalah lebih dari 83 ribu (83.914) sementara ABK yang bekerja pada kapal-kapal pesiar telah kembali jumlahnya lebih dari 23 ribu (23.847). Sementara WNI yang non-Malaysia dan bukan ABK yang telah difasilitasi kembali melalui repatriasi mandiri jumlahnya lebih dari 8 ribu (8.478) dan mereka berasal atau kembali dari 51 negara," ungkap Retno.

Hal tersebut disampaikan Retno dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR yang disiarkan langsung di akun Komisi I DPR RI, Senin (22/6/2020). Retno pun menyebut total WNI yang sudah kembali."Kalau kita total per hari kemarin, maka terdapat 116.239 WNI yang telah kembali ke Indonesia," ucap Retno.

Dia juga menyatakan Kementerian Luar Negeri (Kemlu)telah menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat di titik-titik ketibaan di Indonesia. Retno menyatakan Kemlu mendapat masukan dari Komisi I DPR saat rapat kerja sebelumnya.

"Seluruh WNI yang kembali di Indonesia wajib menjalani PCR. Untuk tes PCR ini ada 2 opsi. Opsi pertama WNI yang membawa hasil tes PCR negatif sebelum keberangkatan maka akan dilakukan pemeriksaan tambahan di Indonesia dan jika hasil pemeriksaan itu tidak menunjukkan gejala apapun maka selanjutnya yang bersangkutan akan melakukan karantina mandiri 14 hari," jelas Retno.

"Sementara bagi WNI yang tidak dapat membawa tes mandiri PCR negatif pada saat keberangkatan, maka akan dilakukan tes PCR pada saat ketibaan dan wajib menjalani karantina hingga hasil tes PCR keluar," sambungnya.

Bila hasilnya positif, maka WNI tersebut akan menjalani perawatan. Namun bila negatif, maka WNI tersebut diminta karantina mandiri.

Retno juga menyatakan perwakilan Kemlu di luar negeri telah memberikan bantuan kepada WNI yang terdampak pandemi COVID-19. Total sudah ada 484.689 paket yang telah diberikan.

"Saat ini, kita sedang menangani proses pemulangan untuk WNI deportan dari Malaysia. Dari komunikasi kami, jumlah deportan yang akan dipulangkan 4.812. 414 di antaranya sudah kembali ke Indonesia," ucap Retno.

"Atas permintaan Indonesia, pemerintah Malaysia telah menyanggupi untuk melakukan PCR untuk keberangkatan," tambahnya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com