Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » » Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Riau Buatan 1990, Punya 3.100 Jam Terbang

Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Riau Buatan 1990, Punya 3.100 Jam Terbang

Written By mansyur soupyan sitompul on Senin, 15 Juni 2020 | 16.46

Pekanbaru ,dutabangsanews.com- Pesawat tempur milik TNI AU jatuh di Kampar, Riau. Pesawat itu buatan tahun 1990 dan telah memiliki 3.100 jam terbang.

"Buatan tahun 1990 sampai saat ini usia airframe-nya sudah 3.100 jam," kata KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo dalam konferensi pers di Lanud Rusmin Nuryadin Pekanbaru, Riau, Senin (15/6/2020).

Dia mengatakan usia dan jumlah jam tersebut tergolong normal. Dia mengatakan pihaknya bakal melakukan investigasi lengkap terkait jatuhnya pesawat ini.

"Ini sudah 3.100 (jam), tidak terlalu banyak juga tidak terlalu sedikit, normal dari sisi usia," ucapnya.

Fadjar mengatakan pesawat tersebut jatuh saat hendak mendarat usai latihan rutin. Dia mengatakan badan pesawat yang jatuh belum dievakuasi untuk kebutuhan investigasi.

"Mungkin masih ada beberapa hari kita masih memerlukan posisi terakhir di situ untuk investigasi," tuturnya.

Pesawat yang jatuh di Kampar, Riau, adalah jet tempur Hawk 200. Pesawat ini didesain untuk melakukan penyerangan ke darat.

Dilansir situs TNI Angkatan Udara (AU), diakses detikcom pada Senin (15/6/2020), Hawk 200 adalah pesawat buatan British Aerospace (BAE), Inggris. Pesawat ini mulai bergabung dengan TNI AU sejak 1996.

Spesifikasinya, pesawat ini bermesin Turbo Fan, 871 Adour twin-spool. Mesin turbofan rendah ini merupakan produk dari Rolls-Royce.

Pesawat jenis tersebut jatuh di wilayah perumahan warga di Kampar, Riau. Pilot pesawat Lettu Pnb Apriyanto Ismail selamat dari insiden ini. Saat ini dia dirawat di rumah sakit.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com