Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » 6 Langkah Polda Metro Jaya Atasi Kerumunan di Malam Tahun Baru

6 Langkah Polda Metro Jaya Atasi Kerumunan di Malam Tahun Baru

Written By mansyur soupyan sitompul on Kamis, 31 Desember 2020 | 16.30

 

Jakarta, dutabangsanews.com I Polda Metro Jaya melarang warga berkerumun dan merayakan pesta pergantian tahun 2020 ke 2021 malam nanti, mengingat pandemi COVID-19 belum berakhir. Untuk mengantisipasi kerumunan, Polda Metro Jaya telah menyiapkan langkah-langkah.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, ada 6 langkah yang dilakukan polisi guna mengantisipasi kerumunan saat malam pergantian tahun. Pihak kepolisian bekerja sama dengan TNI dan instansi terkait dalam pengamanan malam tahun baru ini.

Langkah pertama yakni pemberlakuan car free night dan crowd free night di dalam kota. Car free night dan crowd free night dilaksanakan di 2 ruas jalan utama, yaitu Sudirman-Thamrin dan Banjir Kanal Timur mulai Kamis (31/12/2020) pukul 20.00 sampai Jumat (1/1/2021) pukul 03.00 WIB.

"Crowd free night berarti tidak ada kerumunan di Sudirman-Thamrin tidak boleh dilalui pejalan kaki, pesepeda dan sebagainya. Kita betul-betul akan melakukan sterilisasi di Jalan Sudirman-Thamrin dan jalan BKT," ujar Sambodo di Jakarta, Rabu (30/12/2020).

Kedua, dilakukan penyekatan di 11 titik perbatasan Jakarta dengan daerah penyangga. Penyekatan dilaksanakan pada Kamis (31/12/2020) mulai pukul 20.00 WIB hingga Jumat (1/1/2021) pukul 01.00 WIB.

"Semua titik akan dilaksanakan penyekatan mulai jam 08.00 malam sampai pukul 01.00 malam di 1 Januari. Penyekatan yang dilakukan yakni filterisasi penjaringan, bukan berarti menutup Kota Jakarta, tetapi kita akan tutup dari konvoi, dari orang-orang yang diperkirakan akan merayakan malam tahun baru di Jakarta," ucap Sambodo.

Ketiga, dilakukan patroli skala besar gabungan TNI, Polri, dan Pemda. Keempat, pembubaran kerumunan.

"Untuk titik-titik lainnya yang selama ini menjadi tradisional pelaksanaan tahun baru biasa berkerumun akan ada pengendalian ketat dalam arti akan ada patroli skala besar yang akan membubarkan kerumunan. Di titik seperti di seputaran, karena tempat wisata besok sudah tutup, Ancol, Kota Tua, Taman Mini sudah tutup," ujar Sambodo.

"Kalau di jalan sekitarnya termasuk Kemang, Pasar Baru, Kelapa Gading masih ada kerumunan, TNI, Polri, dan Pemda akan membubarkan kerumunan dan akan melakukan rapid test kepada yang mencoba berkerumun," tambahnya.

Kelima, polisi akan melakukan rapid test warga yang berkerumun. Selain itu juga, terakhir, akan dilakukan penindakan hukum protokol kesehatan.

"Kami akan melaksanakan rapid test kepada warga yang berkerumun dan melakukan penindakan hukum terhadap pelanggaran protokol kesehatan," kata Sambodo.

Selama pelaksanaan car free night dan crowd free night di Sudirman-Thamrin, lalu lintas akan dialihkan. Sehingga, kendaraan, pejalan kaki hingga pesepeda tidak boleh memasuki kawasan Sudirman-Thamrin mulai nanti malam.RED

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com