Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » » Pembangunan Industri Daerah Hulu Dituding Penyebab Banjir di Karawang

Pembangunan Industri Daerah Hulu Dituding Penyebab Banjir di Karawang

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 23 Februari 2021 | 20.08

 

Karawang, dutabangsanews.com I Sepuluh tahun terakhir terjadi perubahan iklim yang signifikan sehingga membuat bencana banjir di Karawang semakin meluas dan lama surutnya. Hal itu disebabkan pembangunan industri dan properti di kawasan hulu yang semakin gencar.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Forum Komunikasi Daerah Aliran Sungai Citarum (forkadasC+) Yazid Alfaizun, pada Selasa (23/2). "Kami mencatat, perubahan iklim itu terasa selama kurun 10 tahun ke belakang. Hal itu bisa dilihat dari terputusnya siklus 5 tahunan banjir di Karawang," katanya.

Perubahan yang paling terasa, kata Yazid, tujuh terakhir atau sejak 2014. Di mana rentetetan bencana banjir terus terjadi dan semakin meluas.

"Padahal sebelum 2014, dari 2010 dampak banjir tidak begitu meluas. Intenstitas banjir sepanjang tahun juga tidak sering terjadi, kecuali daerah Telukjambe Barat Desa Karangligar," tuturnya.

Menurut Yazid bencana banjir yang makin parah sejak 2014 itu karena ketidakmamouan pemerintah membuat kebijakan yang adaptif. Ia menilai pemerintah tidak mampu meredam investasi yang mengeksploitasi alam besar-besaran.

"Kalau melihat pembangunan, dari tahun 2014 hingga saat ini, begitu pesat terjadi. Salah satunya, pembangunan kawasan baru industri, juga properti. Lebih bahayanya, kawasan tersebut berada di hulu Karawang dengan menyempitkan lahan hijau yang ada," jelas Yazid.RED

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com