Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , » Perjuangan Para Guru Dan Kepala Sekolah SDN Mampang 1 Kota Depok Memajukan Pendidikan Di Tengah Wabah Pandemi

Perjuangan Para Guru Dan Kepala Sekolah SDN Mampang 1 Kota Depok Memajukan Pendidikan Di Tengah Wabah Pandemi

Written By mansyur soupyan sitompul on Rabu, 24 Februari 2021 | 10.40



Kelurahan Mampang Kota Depok-Media Online www.dutabangsanews.com I PENDIDIKAN adalah bidang yang paling terdampak oleh wabah pandemi ini. Lihat saja, selama ini antara guru dan para anak didik mereka melakukan belajar mengajar di dalam kelas dengan tatap muka. Tetapi, belajar tatap muka di dalam kelas tersebut di awal Maret 2020 berhenti dengan sendirinya, karena Indonesia dan negara-negara di dunia lainnya mengalami wabah pandemi yang sangat mematikan. Jalan tengah yang ditempuh pihak otoritas pendidikan di Indonesia adalah melalui pembelajaran jarak jauh atau PJJ.

Adalah SDN Mampang 1 tentu sama dengan SDN yang lain yang ada di Kota Depok atau Jawa Barat pada umumnya, sistem belajar para murid tetap melaksanakan PJJ, guru tetap datang ke sekolah, sedangkan para murid tetap berada di rumah, salah satu tujuan PJJ ini adalah untuk memutus mata rantai wabah pandemi ini. Tetapi, dengan diterapkannya sistem PJJ di lapangan ditemukan sebuah realitas bahwa tidak semuanya para peserta didik memiliki ponsel, sedangkan di sebuah ruumah ada tiga anak yang sedang sekolah. Kalaupun ada ponsel dibawa orang tua bekerja.

Kepala Sekolah SDN Mampang 1 Acih Taslih, S. Pd mengatakan, yang jelas setiap sekolah tentu punya program masing-masing setiap tahunnya, beberapa program sekolah dalam hal ini satu demi satu program sekolah tersebut selesai, apakah itu bidang pendidikan, akademi sekolah atau sarana dan prasarana sekolah. Saat ini para anak didik di sekolah ini berada di semester 1, saat memasuki semester 2 kelak, tentu akan berbeda lagi program sekolah.


“Dalam hal bertugas para guru dibagi dalam dua fase dengan demikian tidak semua guru yang masuk dan mengajar di sekolah melalui online, jadi ada yang namanya guru piket tujuan untuk menghindari wabah pandami ini, saya berharap para guru dan keluarga SDN Mampang 1 tetap sehat, sehingga tetap bisa memberikan pelajaran melalui sistem online yaitu PJJ,”demikian kata Kepala Sekolah SDN Mampang 1 Acih Taslih, S. Pd kepada Wartawan Tabloid DUTA BANGSA dan Media Online www.dutabangsanews.com bertempat di SDN Mampang 1 Jalan Pramuka Keluarahan Mampang Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok Jawa Barat. Kemarin Selasa 23 Februari 2021.


Di sisi lain dalam hal PJJ ucap Kepala Sekolah SDN Mampang 1 Acih Taslih, S. Pd memang ditemukan beberapa kendala yaitu saat PJJ tersebut dalam satu rumah tangga anaknya ada 3 orang yang sedang belajar, tentu tidak bisa sekaligus ketiganya menerima pelajaran. Atau sebaliknya, ada ponsel tetapi ponsel tersebut dibawa orang tua ke tempat belerja, sehingga anak tidak bisa mengikuti pelajaran dengan utuh.


“Pihak sekolah sudah melakukan pendataan tentang kepemilikan ponsel, apakah ponsel tersebut punya sendiri, atau punya mamah atau ponsel tersebut punya ayahnya. Jadi, dalam PJJ ini kami menyadari bagaimana keadaan muridnya, jalan keluarnya bagi siswa yang tidak punya ponsel, siswa tersebut minta pelajaran ke sekolah dan pelajaran atau ada pekerjaan rumah kembali diantar ke sekolah, dengan demikian, semua siswa merasakan satu dengan yang lain dalam hal menerima pendidikan dari guru mereka masing-masing,”ungkap Kepala Sekolah SDN Mampang 1 Acih Taslih, S. Pd.

Tentu kalau berbicara apa yang dilakukan pihak sekolah, yang dilakukan pihak sekolah ujar Kepala Sekolah SDN Mampang 1 Acih Taslih, S. Pd Pencegahan wabah pandemi adalah hal yang menjadi prioritas SDN Mampang 1 karena, tidak ada hal paling prioritas menjaga keluarga sekolah ini agar tetap sehat, tetap mengajar para siswa dengan baik. Karena wabah pandemi ini sangat dahsyat dan mematikan, untuk itu keluarga sekolah tetap berjuang agar keluarga sekolah terhindar dari wabah ini.
Mansur Soupyan Sitompul.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com