Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » KRI Nanggala-402 Diduga Hilang Kontak 1 Jam Usai Dapat Izin Menyelam

KRI Nanggala-402 Diduga Hilang Kontak 1 Jam Usai Dapat Izin Menyelam

Written By mansyur soupyan sitompul on Kamis, 22 April 2021 | 12.55

 

Jakarta, dutabangsanews.com I Kapal selam TNI KRI Nanggala-402 hilang kontak di perairan Bali dan belum ditemukan. Diduga KRI Nanggala-402 ini hilang kontak setelah 1 jam dapat izin menyelam.

"Hampir satu jam. (Pukul) 3 lebih, (pukul) 4 lebih, hampir satu jam," kata Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono kepada wartawan, Kamis (22/4/20210).

Berdasarkan keterangan Biro Humas Kementerian Pertahanan, KRI Nanggala-402, yang akan melaksanakan penembakan torpedo SUT, meminta izin menyelam pada pukul 03.00 WIB, Rabu (21/4). Setelah diberi izin menyelam sesuai dengan prosedur, kapal hilang kontak dan tidak bisa dihubungi.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga menuturkan KRI Nanggala-402 hilang kontak sekitar pukul 04.30. Sampai saat ini pencarian masih dilakukan.

"Terakhir komunikasi ketika 04.30 mau laksanakan penembakan sudah tidak ada komunikasi," kata Marsekal Hadi, Rabu (21/4).

TNI menggandeng Australia, Singapura, dan Malaysia dalam proses pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan Bali. Bantuan dari negara tetangga ini diperkirakan paling cepat tiba pada Sabtu, 23 April 2021.

Proses pencarian juga melibatkan beberapa KRI hingga Basarnas. Terakhir, posisi KRI Nanggala-402 sudah diketahui, yakni berada di perairan sisi utara Bali.

Sebelumnya, Julius menerangkan KRI Nanggala-402 diduga mengalami mati listrik (black out) dan hilang kendali sebelum hilang kontak. Julius mengatakan kapal selam juga tidak dapat melaksanakan prosedur darurat lantaran mengalami black out.

"Kemungkinan saat menyelam statis terjadi black out sehingga kapal tidak terkendali," katanya.RED

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com