Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » » BMKG Imbau Warga Pesisir Waspada Banjir Rob

BMKG Imbau Warga Pesisir Waspada Banjir Rob

Written By mansyur soupyan sitompul on Senin, 24 Mei 2021 | 14.34

 

Surabaya, dutabangsanews.com I Gerhana bulan total atau super blood moon akan terjadi pada 26 Mei 2021 mendatang. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di pesisir untuk mewaspadai terjadinya banjir rob.

"Gerhana bulan total yang akan terjadi pada tanggal 26 Mei 2021 dikenal dengan istilah Super Blood Moon. Pada saat itu, bulan akan berwarna merah yang terlihat dengan ukuran relatif lebih besar dari fase bulan purnama biasa," ujar Prakirawan BMKG Klas II Maritim Tanjung Perak Surabaya, Prasetyo Umar Firdianto di Surabaya, Senin (24/5/2021).

Prasetyo menjelaskan super blood moon ini mempengaruhi ketinggian pasang surut air laut, di mana posisi bulan, bumi dan matahari yang sejajar akan mengakibatkan gaya tarik terhadap air laut lebih tinggi sehingga terjadi pasang air laut lebih tinggi. Prasetyo menyebut hal ini bisa menyebabkan banjir rob.

"Pengaruhnya terhadap pasang surut air laut, berdampak pada banjir rob di wilayah pesisir Surabaya," ungkapnya.

Sementara untuk ketinggian banjir rob, diperkirakanmencapai 10 hingga 20 centimeter. Prasetyo menyebut banjir rob diprediksi terjadi mulai besok.

"Ketinggian banjir rob dapat mencapai 10 hingga 20 centimeter yang diprediksi terjadi pada tanggal 25 sampai 29 Mei 2021 pada pukul 10.00 hingga 12.00 WIB setiap harinya," papar Prasetyo.RED

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com