Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Bamsoet Dukung Rencana Polri Pasang Chip

Bamsoet Dukung Rencana Polri Pasang Chip

Written By mansyur soupyan sitompul on Rabu, 09 Februari 2022 | 04.12

 


Jakarta, dutabangsanews.com I  Pertemuan tersebut membahas soal rencana kerja Korlantas Polri, salah satunya terkait pemasangan chip pada pelat nomor kendaraan.

Rencana ini tertuang dalam Peraturan Kepolisian Negara Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Hal ini merupakan tindak lanjut atas perubahan warna dasar pelat nomor menjadi putih dan angkanya menjadi hitam, yang bertujuan mendorong penerapan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) secara nasional.

"Kakorlantas juga menyampaikan akan memasifkan pemasangan Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE (tilang elektronik) di berbagai wilayah, sekaligus memasifkan pembayaran tilang secara digital melalui transfer bank. IMI mendukung penuh rencana tersebut. Selain bisa menegakan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, juga untuk mengurangi potensi terjadinya moral hazard terhadap oknum polisi yang mencari keuntungan di balik pelanggaran disiplin berlalu lintas yang dilakukan masyarakat," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (8/2/2022).

Bamsoet menjelaskan, penerapan tilang elektronik dengan pembayaran yang langsung disetorkan ke bank, dapat mempermudah masyarakat saat membayar denda. Sebab, masyarakat tidak perlu menjalani proses di kejaksaan atau pun pengadilan.

"Per Januari 2022, setidaknya sudah terpasang 12.004 ETLE di 253 titik pada 12 Polda. Jumlah tersebut masih akan terus ditambah. Dari hasil penerapan tilang elektronik sepanjang tahun 2021 tersebut, Polri telah menerima pembayaran sebesar Rp 42,82 miliar yang kemudian disetorkan kepada negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)," katanya.RED


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com