Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , » Sidang Isbat Idul Fitri 2022 Digelar 1 Mei

Sidang Isbat Idul Fitri 2022 Digelar 1 Mei

Written By mansyur soupyan sitompul on Jumat, 29 April 2022 | 09.29

 

Jakarta, dutabangsanews.com I Melansir dari laman resmi Kemenag, sidang isbat Idul Fitri 2022 akan didahului dengan seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Menurut Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamarduddin Amin mengatakan bahwa sidang isbat Idul Fitri 2022 mempertimbangkan informasi awal berdasarlan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal. Di mana secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Ahad, 1 Mei 2022 Masehi atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1443 Hijriah.

Kamaruddin juga mengatakan bahwa secara hisab posisi hilal di Indonesia pada saat isbat awal Syawal 1443 mendatang, telah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan MABIMS. Dilansir dari situs resmi Kemenag, berdasarkan kriteria MABIMS, imnakur rukyat dianggap syarat jika posisi hilal mencapai 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Kriteria tersebut merupakan pembaruan dari sebelumnya, yakni 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapat masukan serta kritik.Sehingga, Kemenag akan mengadakan rukyatul hilal pada 99 titik di seluruh Indonesia.RED

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com