Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , » Guru Berprestasi Berkarya Tiada Henti

Guru Berprestasi Berkarya Tiada Henti

Written By mansyur soupyan sitompul on Kamis, 08 September 2022 | 18.41

Kabupaten Siak-Media  Online www.dutabangsanews.com I NAMA Ida Riyanti, S.Pd. Adalah sebuah nama yang tidak asing dipendengaran guru dan instruktur pembelajaran online. Sosok guru berprestasi ini adalah seorang PNS kelahiran Wonogiri 22 tahun dan 1 bulan silam, tepatnya tanggal 2 Agustus 1982. Beliau bertugas di SMP Negeri 2 Kandis yang berada di JalanBengkalis, Kelurahan Simpang Belutu Kecamatan Kandis. Pendidikan terakhir S-1 ( Pendidikan Fisika UNS Surakarta) dan saat ini sedang dalam penyelesaiannya di Pendidikan Strata 2 (S-2). Wanita ini berdomisili  di Jalan Bengkalis Kelurahan Simpang Belutu Kecamatan Kandis yang tak seberapa jauh dari tempat tugasnya.

Sesuai dengan Pendidikannya, Ida Riyanti, S.Pd mengajar Mata Pelajaran IPA, atau guru IPA di sekolahnya. Di sampang mengajar, Kepala Labor juga dipegangnya, bukan hanya itu. Beberapa tugas tambahan dilaksanakan dengan sungguh sungguh. Ini terlihat dari beberapa prestasi yang diperolehnya, bukan hanya prestasi perorangan atau Mandiri, namun beberapa prestasi pembimbingan juga diraihnya.

Beberapa prestasi mandiri yang pernah diraihnyabaik tingkat kecamatan, babupaten, provinsi, nasional, bahkan Internasional antara lain : Menjadi Instruktur Nasional (IN) Guru Pembelajar Online (GPO), tahun 2016-2017, Berkat Perolehan Nilai UKG 2015 = 81,35, Juara 3 Lomba Mengajar Guru Profesional, tingkat Kabupaten Siak, HUT PGRI, tahun 2018. Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Kabupaten Siak, Tahun 2019, juara harapan III Lomba menulis Essay dalam rangka peringatan Bulan Bahasa Tingkat Nasional ditaja oleh FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia UNRI, bulan November 2020, dengan tema Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh PJJ. Juara harapan I Lomba menulis Essay dalam rangka Praktikum Bahasa dan Sastra Indonesia ditaja oleh FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia UNRI, bulan Maret 2021, dengan tema Peran Pemuda di Masa Pandemi Covid-19, Juara III Lomba Video Mengajar, dalam rangka Praktikum Bahasa dan Sastra Indonesia ditaja oleh FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia UNRI, bulan Maret 2021. Adapun prestasi tahun ini adalah lomba membuat Media pembelajaran Augmented Reality dengan Penghargaan “The winner of Mei Challenge Assemblr Certified Educator (ACE) Internasional.”

Prestasi Pembimbingan Siswa antara lain : Juara Umum JUMBARA (Jumpa Bakti Gembira) PMR Wira-Madya Kabupaten Siak yang ditaja oleh PMI Tahun 2015, Dengan Memenangkan 6 cabang perlombaan, meliputi:  Juara I Design Album Persahabatan PMR, Juara I Majalah Dinding PMR , Juara I Tukar Kreatifitas Barang Bekas, Juara I Mars PMI, Juara II Cerdas Cermat PMR, Juara III Drama 7 Prinsip Dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional Prestasi berikutnya adalah Juara I Majalah Dinding ( MADING 3D) tingkat Provinsi, UNRI, tahun 2015, Juara I Majalah Dinding ( MADING 3D) Daur Ulang tingkat Kecamatan, PGRI Kec. Kandis, tahun 2017 ,  Juara I Pakaian Daur Ulang Putra dan Putri Tingkat Sekolah, Juara I Mading 3D tingkat Propinsi, Pekan Raya Biologi UNRI tahun 2019, Juara Harapan I Bio Expo School Competition tingkat Provinsi, Pekan Raya Biologi UNRI, tahun 2019, Juara II Mading 2D tingkat Provinsi, Olimpiade Ekononi 26 UNRI, tahun 2019, Juara III Mading 3D tingkat provinsi, Praktikum Bahasa dan Sastra Indonesia UNRI, tahun 2019. Juara I Lomba Lintas Kota PMR Madya, tingkat kabupaten, PMI Kabupaten Siak, tahun 2019. Juara II Mading 3D tingkat provinsi, Pekan Raya Biologi UNRI tahun 2020.Juara II Bio Expo School Competition tingkat provinsi, Pekan Raya Biologi UNRI, tahun 2020. Juara 3 Mading 2D tingkat provinsi, Olimpiade Ekononi 27, UNRI, tahun 2020. Juara I Lomba KSN tingkat kabupaten dan Juara III di tingkat provinsi dan finalis ke tingkat nasional. Juara III KIHAJAR STEM tingkat kabupaten provinsi dan menjadi finalis di tingkat nasional. 

Dari segudang prestasi mandiri dan pendampingan siswa  yang ditorehkan oleh Ida Riyanti, tidak meninggalkan Langkah untuk ber-organisasi, baik di bidang Sosial, Pendidikan, dan organisasi keagamaan . Organisasi Pendidikan dan Sosial yang pernah diikuti antara lain, SALIMAH (Persaudaraan Muslimah ) dari tahun 2016 sd sekarang sebagai Ketua di tingkat kecamatan. MGMP IPA “ARCHIMEDES” 2016 sampai sekarangjuga sebagai ketua tingkat kecamatan. Yang berikutnya organisasi yang diikuti juga adalah, MUI dari tahun 2021- sekarang sebagai Staff bidang perempuan tingkat kecamatan.

Di atas telah penulis sampaikan bahwa di samping guru mata pelajaran, Bu Ida Riyanti juga mendapat tugas tambahan dari Sekolahnya SMP Negeri 2 Kandis. Adapun tugas tambahan tersebut adalah, sebagai Wali Kelas 2010 s.d 2018, Pembina OSIS 2013 s.d 2018, Ketua Gudep 2014 s.d 2017, Kaur Kesiswaan 2017 sd 2018, Kepala Laboratorium 2010 s.d 2017, Pembina Ekstra Kurikuler PMR 2013 sd 2021, Pembina Ekstra Kurikuler KIR 2017 s.d 2021.

Dari prestasi organisasi, tugas tambahan tersebut yang membutuhkan waktu dan tenaga ekstra, masih disempatkan untuk menulis artikel sebagai ciri seorang Pendidik, tidak hanya untuk dikenang keberhasilannya saat Dia bertugas. Namun ada kenangan tatkala nanti sudah tidak lagi segiat sekarang. Adapun artikel yang Beliau tulis antara lain, “Guru Sebagai Pelopor Budaya Membaca.”Guru Menulis. Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa 2017, Menggiatkan Budaya Literasi Di SMP Negeri 2 Kandis Kabupaten Siak, Budaya Literasi Sekolah. Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa.2017. Menyajikan Pembelajaran Jarak Jauh secara Inovatif, Peran Anggota PMR di Masa Pandemi Covid-19 

Di samping Artikel, Ida Riyanti juga menulis karya berbentuk buku. Baik yang sudah ber ISBN maupun belum. Adapun buku yang sudah diterbitkan (ISBN) “Inovasi Pembelajaran Abad 21.”Buku yang diterbitkan (Blm ISBN/ untuk perpustakaan sekolah) “Kiat Sukses Mengikuti Lomba MADING 3D”. 

Untuk lebih jauh mengenal sosok Bu Ida Riyanti, bisa berkomunikasi melalui nomor Hp nya di 081239195233. Subandi. AAS. Kabiro Siak Media Online www.dutabangsanews.com.

Share this article :

18 komentar:

  1. Kesuksesan adalah 99% kerja keras dan 1% kecerdasan.

    BalasHapus
  2. Luar biasa prestasinya bu Ida Riyanti .. sukses selalu kembangkan sebanyak-banyaknya ilmunya bu.. semoga bermanfaat, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Semoga bu Ida salah satu guru yang menjadi inspirasi bagi kami para guru-guru muda... Aamiin

    BalasHapus
  3. In Syaa'Allah Murni dan teman2 bisa menjadi lebih baik lagi. Yg muda yang berkarya. Semangat dik. Tunjukkan bakatmu.

    BalasHapus
  4. Wow Mantap Bu ida Riyanti Semoga Sukses🏆💪 Dalam Pencapaian Ide ide cemerlang💡😄

    BalasHapus
  5. Masya Allah tabarokallah...😍🤲🏻
    Selamat ya Bu, semoga prestasi dan ilmunya semakin menambah manfaat untuk kemajuan ummat...🤲🏻🤲🏻

    BalasHapus
  6. Aamiiin. Sukron jazakumullahu Khairan katsira

    BalasHapus
  7. Luar biasa prestasinya ibu Ida Riyanti, S.Pd menjadi motivasi bagi kami yang masih muda2 ini dan minim pengalaman. congratulation

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Roni juga luar biasa kemampuan ITnya. Sangat mendukung untuk sekolah penggerak. Mari bergerak bersama.

      Hapus
  8. Masya Allah, mbak Ida kerenya emang dari dulu, barakallah mbak Ida....🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matur nuwun Mbak Astri. Terinspirasi dari mbak Astri PMRnya.

      Hapus
  9. Masya Allah.. Barakallah Mba Ida 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Indah, inspirasi untuk terus bekerja keras dan membangun usaha mandiri.

      Hapus
  10. MasyaAlloh... barakallohhu mbk ida...🙏

    BalasHapus
  11. Subhanallah segudang prestasi telah diraih, moga bermanfaat ya Mbak.....!

    BalasHapus
  12. jjjjjjoooooossssss.....teman satu SMA ini memang senantiasa LUAR BIASA......!!!! prestasi yang harus senantiasa diteladani semua guru

    BalasHapus

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com