Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , , » SMK Negeri 7 Manado Bentuk Siswa Terampil Dan Siap Kerja

SMK Negeri 7 Manado Bentuk Siswa Terampil Dan Siap Kerja

Written By mansyur soupyan sitompul on Minggu, 18 September 2022 | 21.14

Kota Manado-Media Online www.dutabangsanews.com I UNTUK menjawab Perkembangan zaman dan menghadapi era milenial  yang serba digital menuju revolusi industri, maka seorang tenaga pendidik atau guru harus memiliki kompetensi, agar dengan mudah mendidik peserta didik atau siswa menjadi generasi hebat dan siap menghadapi perubahan serta tantangan zaman. Sebab guru yang hebat menghasilkan siswa yang cerdas. Sementara itu Plt Kepala Sekolah SMK Negeri 7 Manado Sulastri Darise, S. Pd di Tengah-tengah kesibukan saat ditemui wartawan media ini, bertempat di ruang kerjanya memaparkan, bahwa tugas utamanya adalah mencapai pendidikan yang bermutu dan berkualitas. Walau baru menjabat sebagai Plt  Kepala Sekolah SMK Negeri 7 yang dilakukannya adalah mendidik para siswa di sekolah ini untuk mentaati semua peraturan yang berlaku.

Demikian juga hal ini berlaku juga bagi tenaga pendidik atau guru yang ada. Sebab, disiplin adalah hal yang penting untuk mencapai pendidikan yang berkualitas. Kemudian guru yang hebat harus mampu memotivasi serta menyadarkan para siswa  untuk siapa dia belajar, dengan demikian tujuan dari penyelenggara sekolah menengah kejuruan (SMK)  membentuk peserta didik yang terampil dan siap kerja sesuai dengan kompetensi keahlian yang dimiliki akan tercapai. 

Selain itu peserta didik yang telah lulus tentunya, telah melewati masa pendidikan kurang lebih tiga tahun. Bisa  melanjutkan ke perguruan tinggi, selanjutnya untuk kompetensi keahlian/jurusan di sekolah ini yaitu : akuntansi keuangan, perhotelan, pariwisata dan teknik komputer jaringan (TKJ). Kemudian keberadaan sekolah ini menyediakan kelas jauh di Bunaken Kepulauan. 

Untuk jumlah siswa tahun ajaran 2022-2023  keseluruhannya ada 508 orang siswa, tentu hal ini membuktikan ada penilaian positif untuk  SMK Negeri 7 Manado dari orang tua  siswa, sebab. Kinerja kepemimpinan yang lalu dari Kepsek Dra. Tini  Kondoy yang barusan pensiun, bekerja keras  dalam mengelola proses pembelajaran serta  menjalankan tugas untuk mewujudkan sekolah yang efektif. Oleh karena itu, merujuk  kepemimpinan dari kepsek yang lalu tentu memberikan motivasi baginya bersama  Guru-guru untuk tetap semangat demi kemajuan sekolah ini.   

Di akhir percakapan kepsek yang familiar dan memiliki predikat sebagai guru potensial menuturkan, dalam pengembangan pendidikan jajaran tenaga pendidik di sekolah ini senantiasa melakukan yang terbaik untuk menopang Program-program dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara 

Dipimpin Gubernur Olly Dondokambey, SE bersama wakilnya Drs. Steven Kandouw. Melalui Dinas Pendidikan  Provinsi Sulawesi Utara. 

"Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia yang hebat. Kemudian hal penting lainnya untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) pihaknya menerapkan  metode pembelajaran Kurikulum Belajar Merdeka belajar, sebagai jawaban atas ketertinggalan pembelajaran selama pandemi covid pada tahun ajaran yang lalu," ucap Plt Kepala Sekolah SMK Negeri 7 Manado Sulastri Darise, S. Pd menutup percakapan dengan wartawan Media ini.

Seiring dengan kinerja Tenaga Pendidik SMK Negeri 7 Manado, Ramon Wowor Pemerhati Pendidikan dan Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Majalah Diknas ketika ditemui wartawan media ini menuturkan,  pengamatannya, Tenaga Pendidik SMK Negeri 7 Manado menunjukkan, eksistensi bekerja secara profesional sehingga kegiatan belajar mengajar  berjalan dengan baik. Meski diakui keberadaan sarana dan prasarana sekolah tidak resprentatif, karena kekurangan ruang kelas   kemudian lahan sekolah yang ada saat ini status pinjam pakai, karena ada kelas jauh di Pulau Bunaken. 

"Namun dengan keadaan seperti ini,  tidak   mengurangi semangat dari Tenaga Pendidik SMK Negeri 7 Manado untuk berinovasi  mencapai sekolah yang efektif dan efisien."Kata Ramon Wowor kepada wartawan media ini minggu 18/9/2022 bertempat di Restoran MM Jouce Kawasan Mega Mas Manado.  

Lebih lanjut ditambahkan  Ramon Wowor, dikenal sebagai sosok wartawan senior dan Sekertaris Dewan Kehormatan persatuan wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Utara menuturkan, dengan adanya SMK Negeri 7 Manado dan kelas  jauh di Pulau Bunaken menjadi harapan baru bagi peserta didik untuk menikmati pendidikan sebagaimana layaknya Teman-teman mereka di daratan. 

Ramon Wowor optimis bahwa Plt kepsek saat ini mampu berperan menjadi kekuatan penggerak kehidupan sekolah. Sebab, integritasnya dan kinerjanya telah teruji,  ketika masih bertugas di SMA Negeri 4 Manado.  Di samping itu, predikatnya sebagai guru pontesial adalah guru yang menginspirasi bagi peserta didik maupun masyarakat di sekitarnya. 

"Di sisi lain untuk mewujudkan sekolah yang efektif dan efisien, dibutuhkan sosok kepala sekolah yang tidak hanya sebagai figur personifikasi sekolah, tapi harus paham tentang tujuan pendidikan, punya visi masa depan serta mampu mengaktualisasikan seluruh potensi yang ada menjadi kekuatan yang bersinergi." Terang Ramon Wowor mengakhiri percakapan dengan perwakilan Sulut media ini. Johanis Kahingide.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com