Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , , » SMP Negeri 1 Tutuyan Boltim Sulut Mengutamakan Peningkatan Pendidikan Dan SDM Berkualitas

SMP Negeri 1 Tutuyan Boltim Sulut Mengutamakan Peningkatan Pendidikan Dan SDM Berkualitas

Written By mansyur soupyan sitompul on Jumat, 23 September 2022 | 08.07

Kabupaten Bolmong Timur-Media Online www.dutabangsanews.com I KEBERHASILAN dalam dunia pendidikan tidak lepas peran dari seorang guru. Sebab, guru yang hebat mengakibatkan siswa yang cerdas. Kemudian mutu dan kualitas seorang guru merupakan unjung tombak suksesnya program pendidikan. Oleh karena itu, peningkatan pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) berkualitas menjadi hal yang sangat penting. maka dengan demikian, peningkatan kualitas pendidikan tidak terjadi di ruangan kepala sekolah, namun hal ini terjadi di ruangan kelas. Dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) antara guru dan siswa.

"Kemudian guru yang hebat mampu memotivasi serta menyadarkan siswa untuk apa dan untuk siapa dia belajar. Oleh karena itu, pendidikan karakter menjadi pondasi utama dalam rangka pembinaan kepada peserta didik seperti menanamkan disiplin, datang kesekolah tidak terlambat, cara berpakaian yang baik, hal ini berlaku juga bagi tenaga pendidik. Dengan disiplin akan membawa keberhasilan," demikian kata Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tutuyan Rukia Nambo, S.Pd mengawali percakapan dengan perwakilan Sulut Media ini bertempat di ruang kerjanya Rabu 21/9/2022. 

Lebih lanjut ditambahkan oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tutuyan Rukia Nambo, S.Pd yang familiar dan memiliki motivasi untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas menuturkan, bahwa keberadaan sekolah ini berada di Ibukota Kabupaten Bolmong Timur. Tentu menjadi barometer pendidikan. kemudian untuk jumlah peserta didik atau siswa di sekolah ini sesuai dapodik ada : 198  orang, tenaga pendidik  : 23 guru dan jumlah rombongan belajar (rombel) : 7 ruang kelas. 

Selain itu untuk  penggunaan dana bos sangat transparan sesuai petunjuk dan aturan.  Selanjutnya program pengembangan pendidikan yang sementara dilaksanakan  oleh sekolah ini adalah program dari Pemerintah Kabupaten Bolmong Timur Dipimpin Bupati  Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., M. Si bersama wakilnya Oskar Manoppo, SE., MM melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolmong Timur untuk menerapkan Nilai -nilai budaya oleh karena itu, setiap minggu pada hari Kamis,  tenaga pendidik atau guru harus memakai pakaian adat dan berbahasa  Mongondow.

Demikian hal ini berlaku juga untuk para siswa sebagai generasi penerus bangsa harus menumbuh kembangkan Nilai-nilai kebudayaan daerah, mulai dari penerapan bahasa daerah dan tarian Dana-dana merupakan tarian adat khas Bolaang Mongondow telah 

 Populer di kalangan masyarakat Kabupaten Bolmong Timur. Terkait dengan peningkatan mutu pendidikan maka sekolah ini telah mempersiapkan sebanyak 45 siswa  mengikuti asesmen nasional berbasis Komputer (ANBK) gelombang ke 2.

"Keikutsertakan peserta didik di sekolah ini agar mereka bisa menikmati pendidikan sebagaimana layaknya Teman-teman mereka di sekolah lain." ujar Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tutuyan Rukia Nambo, S.Pd menutup perbincangan dengan wartawan media ini.

Seiring dengan  penerapan budaya lokal di setiap sekolah yang ada di Kabupaten Bolmong Timur, Celvin Alberto Luas jurnalis media online saat ditemui wartawan media ini Jumat 23/9/2022 di kediamannya Desa Dodap Atas Kecamatan Tutuyan memaparkan, konsep pendidikan berbasis budaya lokal  implementasinya memenuhi standar nasional. Sebab, diperkaya dengan keunggulan yang kompetitif dan berdasarkan Nilai-nilai budaya lokal agar peserta didik atau siswa menjadi generasi penerus bangsa yang bermartabat dan kreatif dalam lingkungan keberagaman.

"Oleh karena itu, sangat mengapresiasi program pemerintah Kabupaten Bolmong Timur dalam pengembangan pendidikan untuk membentuk perilaku anak bangsa dan memperkuat identitas rasa cinta terhadap budaya sesuai profil pelajar Pancasila," terang Calvin Alberto mengakhiri percakapan dengan wartawan media ini. Johanis Kahingide.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com