Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Ramon Wowor : Ruas Jalan Depan SMP Negeri 1 Manado-Sulut Wajib Dibuat Zebra Cross

Ramon Wowor : Ruas Jalan Depan SMP Negeri 1 Manado-Sulut Wajib Dibuat Zebra Cross

Written By mansyur soupyan sitompul on Senin, 03 Oktober 2022 | 15.54

Kota Manado-Media Online www.dutabangsanews.com I PANTAUAN wartawan media ini, hingga saat ini ruas jalan depan SMP Negeri 1 Manado tidak ada zebra cross, untuk pejalan kaki yang akan menyeberang. Pasalnya arus lalu lintas di depan SMP Negeri 1 Manado setiap hari sangat padat, sehingga membuat para siswa yang akan menyeberang  jalan, tidak aman dan nyaman. Sebab rawan terjadinya laka lantas.

Sementara itu Ramon Wowor Sekretaris Nusantara Coruption Whatch, Perlindungan Hak Asasi Manusia Serta Lingkungan Hidup (NCW & Perhamlih) ketika ditemui wartawan media ini mengatakan, Zebra Cross sangat penting untuk dibuat di ruas jalan depan SMP Negeri 1 Manado. Hal ini untuk memberitahukan kepada pengendara kendaraan bermotor, bahwa ada jalur menyeberangi bagi pengguna jalan atau Siswa-siswi SMP Negeri 1 Manado. 

"Sebab pengamatannya hingga saat ini, belum ada Zebra Cross.  Otomatis menjadi pertanyaan kami selaku pengguna jalan. Apalagi SMP Negeri 1 Manado merupakan barometer pendidikan di Ibukota Provinsi Sulawesi Utara yaitu Kota Manado. Pasalnya jumlah siswa berkisar seribu lebih, oleh karena itu. Hak dan kewajiban pejalan kaki harus di perhatikan oleh intansi yang terkait, sesuai dengan amanat Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No. 22 tahun 2009 Bab IX Pasal 131 Ayat 1 dan 2, menjelaskan pejalan kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung yang berupa trotoar, tempat penyeberangan dan fasilitas lain.  

"Kemudian Ayat 2 pejalan kaki berhak mendapatkan prioritas pada saat menyeberang jalan di tempat penyeberangan." ujar Ramon Wowor kepada Kepala Perwakilan Sulut Media Online ini.  

Ditambahkan Ramon Wowor lagi, dikenal sebagai sosok wartawan senior dan Sekertaris Dewan Penasehat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI ) Provinsi Sulawesi Utara menuturkan, Zebra Cross menjadi sesuatu yang wajib dibuat di depan sekolah yang berada di pinggir jalan raya, sebab. Tujuannya agar pengguna jalan bisa aman, nyaman dan selamat. Ketika menyeberang jalan di tengah padatnya kendaraan bermotor yang lewat. 

"Selain itu akan mengurangi resiko kecelakaan. Oleh karena itu, intansi yang terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan wajib membuat Zebra Cross di depan sekolah yang letaknya di pinggir jalan raya, seperti SMP Negeri 1 Manado."Tegas Ramon Wowor menutup perbincangan dengan wartawan media ini bertempat di kediamannya Kelurahan Paal Empat Kecamatan Tikala kota Manado, Senin 3/10/2022. Johanis Kahingide.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com