Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , , » Ketua MPR Dorong Tambahan Kuota Haji dari RI

Ketua MPR Dorong Tambahan Kuota Haji dari RI

Written By mansyur soupyan sitompul on Rabu, 01 Maret 2023 | 20.50

 

Jakarta, dutabangsanews.com I - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan permintaan ini mengingat penduduk muslim Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Adapun jumlahnya mencapai 238 juta jiwa atau sekitar 12,5 persen dari penduduk muslim dunia.

"Kita juga apresiasi langkah Kerajaan Arab Saudi yang selama ini senantiasa memberikan perhatian besar terhadap Indonesia. Terbukti pada tahun 2023 ini, kuota haji Indonesia mencapai 221.000 orang, terbesar di dunia," ungkap Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (1/3/2023).

Meski begitu, Bamsoet menilai jumlah tersebut masih belum bisa mengakomodasi tingginya minat haji dari Indonesia. Untuk itu, ia berharap adanya penambahan kuota haji dapat memangkas masa tunggu keberangkatan haji Indonesia dari yang saat ini rata-rata 20 hingga 30 tahun agar bisa menjadi di bawah 10 tahun.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga mendorong agar pembangunan Indonesian House di Makkah, Arab Saudi bisa segera terealisasi dengan dukungan pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Diketahui, Indonesian House digagas pemerintahan Presiden Joko Widodo sebagai komplek apartemen/tempat tinggal jemaah haji atau umrah Indonesia. Adapun lahan yang diberikan Arab Saudi untuk pembangunan Indonesian House ini berupa hak sewa 99 tahun.

"Namun terdapat peraturan dari Arab Saudi yang memberikan kewenangan pemerintah (Royal Commission for Makkah and Holy Sites/RCMC) untuk dapat mengambil lahan tersebut sewaktu-waktu. Sehingga belum dapat menjamin kepastian bahwa dalam kurun waktu 99 tahun lahan tersebut digunakan oleh Indonesia. Karena itu, kita perlu duduk bersama untuk mencari jalan keluar atas hal ini," tandas Bamsoet.

Selain kerja sama di bidang haji, Bamsoet menilai Indonesia dan Arab Saudi memiliki banyak peluang untuk meningkatkan kerja sama di sektor ekonomi dan perdagangan. Menurutnya, potensi perdagangan Indonesia-Arab Saudi sangat besar dan perlu didorong agar terus meningkat.

"Salah satunya dengan mempermudah akses masuk produk-produk Indonesia ke Arab Saudi, terutama produk halal. Beberapa perusahaan Indonesia telah mendaftarkan produk mereka ke Saudi Food and Drugs Authority (SFDA), namun hingga sekarang SFDA belum memberikan persetujuan," jelas Bamsoet.RED

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com