Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Kontribusi Danramil Kotapinang Mayor Inf. Ertiko Cholifa, SH,. S.Pd Dan Jajarannya Rill Dirasakan Masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumut

Kontribusi Danramil Kotapinang Mayor Inf. Ertiko Cholifa, SH,. S.Pd Dan Jajarannya Rill Dirasakan Masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumut

Written By mansyur soupyan sitompul on Kamis, 17 November 2016 | 10.38



Kota Pinang I Dutabangsanewscom-KORAMIL adalah satuan teritorial berada di tingkat kecamatan, adalah bagian dari TNI Angkatan Darat langsung berhubungan dengan pejabat pemerintah setempat dan masyarakat sipil. Berada langsung di bawah kendali  Dandim, Koramil di bawah Pimpinan Danramil dengan Pangkat Mayor untuk Koramil tipe A dan Kapten untuk Koramil tipe B.
Dalam upaya pertahanan keamanan TNI menganut doktrin Sistim Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta atau Sishankamrata, merupakan upaya pengerahan seluruh kekuatan nasional menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara serta mengamankan segala usaha untuk mencapai tujuan nasional. Koramil sebagai Komando Teritorial tingkat paling rendah, Koramil mempunyai peran  sangat penting sebagai ujung tombak pelaksanaan Sishankamrata tersebut.
Koramil mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pembinaan teritorial dan perlawanan rakyat meliputi pembinaan geografis, demografis dan kondisi sosial masyarakat. Hal ini dilakukan seorang Mayor Inf. Ertiko Cholifa, SH,.S.Pd di sebuah Komando Rayon Militer Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumut.
Belum lama ini Koramil Kotapinang mengadakan kegiatan lomba mewarnai anak-anak PAUD,TK dan SD. Alhamdulillah pesertanya membludak bahkan di luar dugaan seorang Danramil Mayor Ertiko. Hal ini adalah bagian dari kegiatan TNI dalam bersosialisasi dengan masyarakat.Juga tak lepas dari berinteraksinya para Anggota TNI di tengah masyarakat pada akhirnya menimbulkan suatu sinergi positif.Dalam segala kegiatan sosial masyarakat, Koramil tidak memiliki anggaran secara khusus, namun hal ini bisa di atasi dengan berbagai sumbangan masyarakat. Ini menunjukkan betapa eratnya hubungan Koramil dengan masyarakat di kabupaten ini 
“Apa yang kami lakukan hanya sebuah aktivitas biasa untuk membangun jiwa pemberani anak-anak, agar mereka kelak berani untuk tampil di muka umum pada saatnya, di samping harus diingat bahwa kemanunggalan TNI dengan rakyat sudah terbangun sejak dulu kala, kami hanya menjaga kemanunggalan tersebut agar tetap dibingkainya,”demikian kata Danramil Mayor Inf. Ertiko Cholifa, SH,. S.Pd kepada SHN Wartawan Dutabangsanews.com bertempat di Kantor Koramil Kotapinang Jalan Istana Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumut.
Suami tercinta Nur Ekosetiyawati, S.Pd ini menuturkan, pihaknya juga sudah melaksanakan pembinaan para petani di Desa Mampang, yakni kelompok tani Semeru untuk menanam padi bibit unggul bernama bibit Kartika, di samping itu juga bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan untuk pembibitan tanaman keras guna penghijauan seperti pembibitan buah Durian, Alpukat, Mangga, rambutan dan lain lain.
“Demikian juga di bidang pendidikan, sosial dan kemasyarakatan, seperti  melaksanakan sosialisasi bahaya narkoba pada anak-anak muda, pelajar dan mahasiswa dengan mengundang ormas ormas serta LSM di tengah  Masyarakat Kotapinang khususnya dan masyarakat Labuhanbatu Selatan pada umumnya untuk mencegah bahaya laten narkoba sejak dini,”tutur Mayor  Inf. Ertiko Cholifa, SH,. S.Pd Alumni Fakultas Hukum Universitas Brawijaya ini.
Apa lagi ditingkat pelajar dan mahasiswa yang mana belakangan ini semakin santer terdengar dari pemberitaan di media, bagaimana keterlibatan kalangan pelajar dan mahasiswa sebagai pemakai narkoba. Sebagai seorang Sarjana Pendidikan diraih dari Universitas Negeri Malang, beliau merasa mempunyai beban moral dan merasa ikut bertanggungjawab kepada para pelajar dan mahasiswa agar tidak terjerumus kedalam jurang narkotika yang sangat fatal akibatnya.
Untuk hal ini baik secara formal maupun non formal beliau sering memberikan nasehat dan masukan masukan kepada para anak anak muda, pelajar dan mahasiswa ini, baik di kantornya, di tempat mana saja beliau berinteraksi dengan masyarakat, agar tetap menjaga kekondusifan di daerah ini supaya jangan sampai terjadi benturan-benturan antar para pemuda dan antar ormas ormas. Sebab para pemuda adalah harapan bangsa sebagai penerus pembangunan ke depan penuh persaingan secara global, baik persaingan tekhnologi maupun informasi.
“Apakah ada bibit-bibit atau potensi kerawanan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan ini,”tanya Wartawan Media Online Dutabangsanews.com.

“Bahwa sampai saat ini indikasi ke arah itu belum ada kelihatan, bahkan tingkat kerukunan antar ummat beragama beliau menilai sangat baik sekali, dikatakan hal ini berkat kerjasama seluruh pihak, baik pemerintah, TNI, Polisi dan masyarakat serta alim-ulama begitu baik tetap menjaga kerukunan serta pembinaan masyarakat sehingga tercipta suasana yang sejuk dan kondusif di masyarakat Labuhanbatu Selatan ini pada umumnya. Juga untuk tingkat keamanan masyarakat berupa gangguan separatis atau kerukunan antar ummat beragama dirasa sudah sangat baik sekali,” demikian ujar Mayor  Inf. Ertiko Cholifa, SH,. S.Pd Ayah dari satu orang puteri dan dua orang putera ini. SHN
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com