Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Buka Posko Mudik, BMKG akan Update Gelombang Laut Tiap 10 Menit

Buka Posko Mudik, BMKG akan Update Gelombang Laut Tiap 10 Menit

Written By mansyur soupyan sitompul on Jumat, 16 Juni 2017 | 11.12


Cilegon, Dutabangsanews.com - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Serang membuka posko di Pelabuhan Merak, Banten. Posko itu dilengkapi mobil cuaca dan akan menginformasikan ketinggian gelombang laut Selat Sunda setiap 10 menit.

"Bukan hanya cuaca saja tapi informasi gelombang, seperti kondisi sekarang di Pelabuhan Merak dukungan kami menyiapkan mobil cuaca yang akan memberikan informasi real time terkait kondisi cuaca di Pelabuhan Merak gelombangnya setiap 10 menit, jadi kami memberikan informasi itu kepada stake holder BMKG seperti ASDP dan kapal dan lainnya itu untuk mendukung jalannya arus mudik," ujar Kepala Bidang Layanan Informasi Cuaca, Anna Oktavia Setyawati kepada dutabangsanews di Pelabuhan Merak, Jumat (16/6/2017).

Informasi cuaca di sepanjang jalur mudik baik di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan juga akan disiapkan sebagai bekal bagi para pemudik untuk lebih bisa mempersiapkan diri jika cuaca berubah-ubah.



"Kami memberikan informasi cuaca sepanjang jalur mudik, baik itu di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua jadi kami sudah siapkan untuk jalur mudik," katanya.

Khusus untuk jalur mudik menuju Merak, kata Anna, cuca masih relatif aman. Hanya saja hujan di sepanjang jalur itu tetap ada walau dengan intensitas ringan dan tidak menyeluruh. Adapun jika terjadi hujan di sepanjang jalur menuju Merak hanya bersifat lokal dengan durasi pendek.

"Memang masih ada peluang untuk hujan, tetapi tidak durasi yang lama, kalau pun ada hujan lebat dari aktivitas konvektif itu hanya spot saja, jadi tidak dalam area yang luas dan tidak dalam durasi yang lama," jelasnya.

"Kalau pun durasi yang lama itu intensitasnya hanya hujan ringan saja, secara umum masih cerah berawan, jadi masih aman untuk arus mudik," imbuhnya.



Begitu pula dengan cuaca di laut Selat Sunda, dalam sepekan ke depan atau hingga H-1 ketinggian gelombang masih berkisar antara 1-2 meter dan dinyatakan relatif aman. 

"Dalam beberapa hari ini itu diprediksikan masih sangat aman untuk kapal, karena seperti tadi kondisi hari ini tidak sampai 1 meter gelombangnya. Jadi penumpang bisa merasakan kenyamanan ketika di atas kapal. Ketinggian gelombang saat ini tidak sampai 1 meter masih relatif aman," ucapnya.

BMKG mengimbau bagi para pemudik untuk terus memperbarui info cuaca sepanjang jalur mudik yang dilalui, hal itu bertujuan agar sebelum melakukan perjalanan mempunyai persiapan matang dan memilik tindakan keselamatan yang dibutuhkan.

"Imbauannya tentu bahwa informasi cuaca informasi gelombang itu sudah kami berikan, jadi kami mengimbau supaya masyarakat lebih aware untuk mengetahui informasi cuaca yang sudah diberikan sehingga tentu dapat mengambil tindakan-tindakan untuk meningkatkan keselamatan bagi para pemudik," tutupnya. Red
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com