Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Jokowi Usul Ada Gugus Tugas Negara ASEAN-RRC-Jepang-Korsel Tangani Pandemi

Jokowi Usul Ada Gugus Tugas Negara ASEAN-RRC-Jepang-Korsel Tangani Pandemi

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 14 April 2020 | 19.14

Jakarta,dutabangsanews.com -Presiden Jokowi mengusulkan dibentuknya gugus tugas di negara ASEAN Plus Three (China, Jepang, dan Korea Selatan) untuk menangani pandemi. Gugus tugas nantinya bisa difungsikan untuk menghadapi penyakit pandemi di masa datang, tidak hanya virus corona (COVID-19).

"Presiden mengusulkan kiranya dapat dibentuk gugus tugas khusus negara-negara APT (ASEAN Plus Three) untuk menangani pandemi. Gugus tugas inilah yang kelak diharapkan dapat memberikan rekomendasi secara cepat pada saat pandemi muncul di masa mendatang," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam konferensi pers yang disiarkan di saluran YouTube Setpres, Selasa (14/4/2020).

Hal ini disampaikan Retno seusai penyelenggaraan KTT Asean Plus Three secara virtual yang digelar siang hingga sore ini. Dalam pidatonya, Jokowi juga mengusulkan adanya jejaring kerja sama antara industri obat dan farmasi di negara-negara ASEAN Plus Three.

"Selain itu, presiden mengusulkan jejaring dan kerja sama antara industri obat dan farmasi negara-negara APT. Tentunya termasuk perusahaan milik negara, BUMN yang memproduksi obat-obatan untuk mengatasi COVID-19," ujar Retno.KTT ini merupakan pertemuan lanjutan dari KTT khusus ASEAN yang digelar pagi tadi. Pada KTT ASEAN Plus Three, Retno mengatakan negara Jepang mendukung pendirian pusat infeksi penyakit di kawasan ASEAN.

"Jepang telah menyampaikan komitmen dukungan bagi pendirian ASEAN Center of Infectious Diseases. Ini kemudian akan kita tindak lanjuti bentuknya seperti apa, sekretariat ASEAN akan mulai bersama-sama dengan negara anggota menindaklanjuti pendirian ASEAN Center of Infectious Diseases," kata Retno.
Hadir dalam KTT ASEAN Plus Three yaitu pemimpin negara ASEAN yaitu Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Perdana Menteri Laos Thoungloun Sisoulith, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, Kanselir Negara Myanmar Aung San Suu Kyi, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha, dan Perdana Menteri Viet Nam Nguyen Xuân Phúc selaku Ketua ASEAN 2020, serta Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi.

Adapun mitra ASEAN yang hadir adalah Premier Tiongkok Li Keqiang, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Turut mendampingi Jokowi dalam KTT tersebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.RED
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com