Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Bangsa Mengucapkan Selamat Mununaikan Ibdah Puasa 1440 H - 2019 M <<<::::::
Home » » Ikan Purba Ditemukan di Bangkai Kapal Denmark Berusia 500 Tahun

Ikan Purba Ditemukan di Bangkai Kapal Denmark Berusia 500 Tahun

Written By mansyur soupyan sitompul on Jumat, 04 September 2020 | 15.03

Kopenhagen - Spesies ikan yang hampir punah, Ikan Sturgeon, ditemukan di dalam bangkai kapal kerajaan Denmark berusia 500 tahun. Ikan purba tersebut tersembunyi di bagian dapur kapal yang karam di Laut Baltik itu.

"Selama penggalian arkeologi pada 2019, tong kayu yang tenggelam di dalam bangkai kapal mengungkapkan sisa-sisa ikan Sturgeon yang hampir lengkap dan terawetkan dengan baik," tulis arkeolog dari Universitas Lund di Swedia dalam artikel terbaru di Journal of Archeological Science seperti dilansir dari AFP, Sabtu (5/9/2020).

Sejumlah peneliti menyebutnya penemuan itu 'unik'. Mereka menduga Ikan Sturgeon ditemukan hanya di Laut Baltik karena perairan itu memiliki kadar oksigen yang rendah.

"Bangkai kapal berada dalam kondisi yang sangat baik karena lingkungan Baltik yang aneh. Salinitas yang rendah di sini tidak cocok untuk cacing kapal, yang memakan kayu di tata laut dunia. Dasar laut adalah tanah liat halus, ideal untuk mengawetkan bahan organik, dan dengan kadar oksigen rendah berkontribusi pada pengawetan organik, " imbuh Brendan Foley, akademisi dari Universitas Lund.

Diketahui, raja Denmark, Hans, berlayar ke Swedia pada tahun 1495. Ia menaiki kapal perang favoritnya, Gribshunden. Tujuan Hans untuk memulihkan persatuan negara Skandinavia.

Tetapi di tengah perjalanan, kapal itu tenggelam di pantai Ronneby bersama dengan muatannya dan sebagian dari awaknya. Ronneby merupakan sebuah kota yang sekarang menjadi bagian dari Swedia tetapi pada masa itu menjadi bagian dari Denmark. Tubuh Hans tidak ditemukan saat itu.

"Hilangnya kapal itu harus menjadi pukulan telak bagi keluarga Hans, dan juga secara material mempengaruhi kekuatan politik dan militernya," kata Foley.RED

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com