Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Menag Siapkan Candi Prambanan Jadi Pusat Ibadah Umat Hindu Dunia

Menag Siapkan Candi Prambanan Jadi Pusat Ibadah Umat Hindu Dunia

Written By mansyur soupyan sitompul on Kamis, 08 April 2021 | 21.23

 


Jakarta,dutabangsanews.com I Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Candi Prambanan tengah disiapkan untuk menjadi pusat ibadah Hindu dunia. Dia menjamin Kemenag akan mengafirmasi usulan semua agama.

Terkait Candi Prambanan itu awalnya disinggung oleh anggota Komisi VIII Fraksi PDIP Komang Koheri. Dia berharap Candi Prambanan bisa dijadikan pusat ibadah umat Hindu di dunia.

"Alangkah indahnya gimana kalau Candi Prambanan juga dijadikan pusat ibadah umat Hindu, Gus, mungkin nanti jadi juga umat Hindu di seluruh dunia jadi rujukan sehingga tidak hanya jadi tempat wisata dan yang sangat miris bahwa kaum-kaum agama Hindu ketika dia melakukan ritual tidak bisa masuk karena alasan menjadi, apa namanya, sebagai kawasan wisata," kata Komang, dalam rapat, Kamis (8/4/2021).

Menjawab hal itu, Gus Yaqut menyampaikan rencana itu tengah berjalan. Dia meyakinkan bahwa Kemenag akan mengafirmasi semua agama.

"Soal Prambanan kita sudah siapkan, Pak Komang, jadi tinggal jalan. Jadi jangan khawatir karena kita akan mengafirmasi semua agama. Jadi sebelum Bapak bertanya, kita sudah laksanakan kira-kira begitu. Ya sesuai permintaan tadi," ujarnya.

Tidak hanya itu, Komang juga mengusulkan hal lain dalam rapat. Dia memprotes kuota formasi PPPK untuk guru agama Hindu jauh lebih sedikit dibanding agama lain.

"Kedua. Terkait perekrutan agama Hindu, saya lihat jumlahnya tidak adil ya, karena saya lihat ya saya tidak katakan kursi agama Islam ini banyak tapi khusus Hindu ini sangat sedikit 403 orang. Padahal umat Hindu ini juga tersebar di seluruh Nusantara, di Lampung saja hak-hak untuk pendidikan agama ini kan diharuskan diajar oleh guru agama, jadi pertimbangan Pak Menteri dengan persentase nggak sama ini mohon disamakan Pak, agama Katolik 1.200, agama Kristen 2.700 kenapa dari Hindu dan Buddha sangat kecil," tuturnya.RED

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com