Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , » Komunitas UMKM Wirausaha Cilangkap Tapos Terus Berkontribusi Untuk Ekonomi Keluarga

Komunitas UMKM Wirausaha Cilangkap Tapos Terus Berkontribusi Untuk Ekonomi Keluarga

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 05 April 2022 | 07.47

 


Kelurahan Cilangkap Kota Depok-Media Online  www.dutabangsanews.com I DI masa pandani saat ini, banyak perusahaan melakukan pengurangan karyawan. Akhirnya perusahaan melakukan pumutusan hubungan kerja PHK atau merumahkan ke karyawannya. Dengan demikian, banyak warga menganggur. Jalan tengah yang akan diambil adalah terjun ke UMKM untuk memulai sebuah usaha, sebuah ikhtiar untuk bertahan hidup survive di masa pandemi saat ini. 

Menurut Lurah Cikangkap Teguh Santoso, SE, keberadaan UMKM saat ini menggeliat setelah adanya wabah pandemi saat ini dan UMKN akan terus menggeliat, para pelaku UMKM di Kelurahan Cilangkap terus memasarkan hasil dagangannya, hasil produk UMKM mereka dengan cara memasarkan dengan biasa. Juga memasarkan dengan cara online. Apalagi saat wabah pandemi saat ini, orang lebih banyak berada di dalam rumah, tentu dengan banyak di rumah, untuk makan siang anggota keluarganya mereka lebih memilih makanan atau membeli makan siang mereka dengan online. Dengan memesan makanan via online saat ini trendnya meningkat dan banyak warga memesan kebutuhan mereka via online. Tetapi, peluang-peluang bisnis itu harus diraih dan tidak datang dengan begitu saja. Mereka harus berjibaku dengan kondisi yang ada dan tetap melakukan pemasaran pada produk-produk mereka agar bisa bertahan di era wabah pandemi saat ini. 


"Bagi mereka yang kena PHK dan terjun menekuni UMKM, tentu mereka terjun. Tetapi, tidak semua berhasil. Secara alamiah siap yang kuat dia akan bertahanbertahan. Memang, seseorang yang di PHK orang tersebut akan memukai pekerjaan baru menjadi pedagang, pelaku UMKM, biasanya mereka tidak disertai dengan ketelatenan dan kesabaran, biasanya ketika mereka terbentur di pemasaran mereka langsung hengkang dan mengakhiri menjadi pedagang atau pelaku UMKM, banyak yang tumbang. Tapi, ketika mereka sabar dan telaten bisa bertahan dan berlanjut,"demikian kata Lurah Cikangkap Teguh Santoso, SE kepada Wartawan Media Online www.dutabangsanews.com bertempat di Kantor Lurah Cikangkap Kecamatan Tapos Kota Depok Provinsi Jawa Barat. Kemarin Senin 4 April 2022.

UMKM di Kelurahan Cikangkap tutur Teguh Santoso, SE saat ini ada 95 orang tergabung dalam Komunitas UMKM Wirausaha Cilangkap, kalau di luar itu ada 1000 an lebih, karena para pedagang di Cilangkap ini ada pedagang pagi, siang dan ada pedagang khusus malam, dalam hal lain, UMKM mereka tentu mandiri secara ekonomi, tentu. Dengan mereka sebagai pelaku UMKM, bisa membantu ekonomi keluarga, tetapi. Harus ditopang dengan anggota keluarga yang lain seperti adanya penghasilan tambahan dari suami, karena. Selama ini para pelaku UMKM di Kelurahan Cilangkap kebanyakan para ibu rumah tangga. 

"Peran Kelurahan Cikangkap, hanya mengarahkan yang ada di Komunitas Wirausaha Cikangkap, tetapi di luar komunitas pihak kelurahan agak repot menghadapinya dalam hal komunikasi. Sedang komunikasi di Komunitas Wirausaha Cilangkap komunikasinya lebih lancar, lebih intensif,"ujar Lurah Cilangkap Teguh Santoso, SE. 

Saat ini kata Lurah Cilangkap Teguh Santoso, SE, saat ini UMKM membuka peluang-peluang usaha dalam bentuk jajanan pasarpasar dan kebutuhan di Bulan Suci Ramadhan atau pasar takjil, pihak kelurahan berkoordinasi dengan pihak RW agar diberikan tempat bagi UMKM untuk membuka usaha mereka saat Ramadhan ini.  

"Harapan saya semoga ekonomi para pelaku UMKM bisa lebih maju, menjelang Lebaran mereka bisa punya uang untuk keperluan anak dan anggota keluarga lainnnya dalam menghadapi kebutuhan di Idul Fitri," ungkap Lurah Cilangkap Teguh Santoso, SE mengakhiri keterangan Persnya kepada wartawan media ini. Mansur Soupyan Sitompul.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com