Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , , » Penanaman Pendidikan Karakter Siswa-Siswi SDN Mampang 3 Kota Depok Setiap Hari Melaksanakan Sholat Dhuha Dan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Agar Tertancap Rasa Nasionalisme Sejak Dini

Penanaman Pendidikan Karakter Siswa-Siswi SDN Mampang 3 Kota Depok Setiap Hari Melaksanakan Sholat Dhuha Dan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Agar Tertancap Rasa Nasionalisme Sejak Dini

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 05 Juli 2022 | 06.04

 


Kelurahan Mampang Kota Depok-Media Online www.dutabangsanews.com I SELAMA enam tahun belajar di sekolah dasar, tentu. Banyak suka duka, banyak kenangan, banyak memori yang dialami para Siswa-siswi khususnya anak-anak kelas 6. Saat ujian kelulusan saat itu pula anak-anak kelas 6 dilakukan pelepasan oleh pihak sekolah. Artinya, pihak sekolah mengembalikan anak-anak kelas 6 yang telah lulus ke orang tua masing-masing. Karena, selama enam tahun belajar, dibimbing, diberikan berbagai ilmu pengetahuan. Tidak itu saja anak-anak kelas 6 diberikan pendidikan karakter agar mereka mengenal jati diri mereka dan ke mana harusnya mereka melangkah u cgntuk menapak jenjang pendidikan mereka setelah SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi. 

Kepala Sekolah SDN Mampang 3  Arwin Rangkuti, S. Pd mengatakan, Alhamdulillah, pihak Sekolah SDN Mampang 3 sudah melakukan pelepasan kepada anak-anak kelas 6 telah mengikuti ujian, telah mengerjakan pekerjaan mereka dan anak-anak kelas 6 mereka berhak lulus, selanjutnya melangkahkan kaki untuk menuju sekolah ke jenjang lebih tinggi lagi.  

Pihak sekolah bersama dengan komite sekolah dan orang tua berkolaborasi menggelar acara Pelepasan Siswa-siswi kelas 6 SDN Mampang 3.

"Dalam pelepasan Siswa-siswi SDN Mampang 3 tersebut ada 121 orang Siswa-siswi berhak dinyatakan lulus dan berhak melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi. Dalam acara pelepasan tersebut pihak sekolah secara resmi menyerahkan kembali anak-anak merek ke orang tua, setelah enam tahun belajar di SDN Mampang 3, selanjutnya orang tua dan wali murid memberikan arahan kepada anak-anak mereka untuk melanjutkan jenjang sekolah ke jenjang lebih tinggi, suasana pelepasan Siswa-siswi kelas 6 tersebut bercampur aduk antara gembira dan sedih. Gembira karena mereka lulus dan sedih karena mereka akan meninggalkan sekolah di mana mereka menimba ilmu pengetahuan dan pendidikan karakter untuk bekal mereka di masa selanjutnya,"demikian kata Kepala Sekolah SDN Mampang 3 Arwin Rangkuti, S. Pd kepada Wartawan Media online www.dutabangsanews.com bertempat di SDN Mampang 3 Kelurahan Mampang Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok Provinsi Jawa Barat. Kemarin Senin 4 Juli 2022.

Disebutkan Kepala Sekolah SDN Mampang 3  Arwin Rangkuti, S. P, setelah pihak sekolah menyerahkan anak-anak kelas 6 ke orang tua masing-masing dan wali murid, semoga anak-anak kelas 6 bisa melanjutkan ke sekolah jenjang lebih tinggi sesuai dengan harapan dan cita-cita anak-anak untuk memulai menapak masa depan mereka dimulai dari SMP, SMA dan perguruan tinggi, selanjutnya dunia kerja setelah selesai dari perguruan tinggi. Yang jelas, anak-anak jangan sampai tidak sekolah. 

"Selama masa pandemi yang kita alami selama dua tahun, tentu pendidikan yang dialami anak-anak nyaris tidak maksimal, karena sistem pembelajaran jarak jauh PJJ nyaris tidak membawa banyak dampak pendidikan mereka, karena. Sistem belajarnya melalui telepon seluler atau laptop. Tentu, nyaris tidak maksimal. Tetapi, pada saat ada moment belajar tatap muka antara guru dan murid di dakan kelas, kesempatan belajar lebih maksimal digunakan guru wali kelas dan para murid-murid kelas 6 untuk lebih banyak menyerap pelajaran mumpung ada belajar tatap muka. Tentu, dengan belajar tatap muka tersebut bisa menambah dan mengisi kapasitas anak-anak dalam meraih ilmu pengetahuan dan pendidikan karakter bagi mereka, untuk bekal memasuki pendidikan ke jenjang lebih tinggi,"ungkap Kepala Sekolah SDN Mampang 3  Arwin Rangkuti, S. Pd. 

Pendidikan dan penanaman karakter untuk anak-anak papar Kepala Sekolah SDN Mampang 3 Arwin Rangkuti, S. Pd, setiap pagi sebelum pelajaran dimulai anak-anak kelas 1-6 memulai dengan agenda Sholat Dhuha, saat anak-anak sudah masuk ke dalam kelas mereka wajib menyanyikan lagu Indonesia Raya. Tujuannya, dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya agar dalam diri anak-anak tertanam, tertancap nasionalisme dan rasa kebangsaan cinta akan tanah air, cinta akan Indonesia dalam diri mereka sejak dini. Mansur Soupyan Sitompul.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com