Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Amankan KTT ASEAN, F-16 Fighting Falcon TNI AU Siaga

Amankan KTT ASEAN, F-16 Fighting Falcon TNI AU Siaga

Written By mansyur soupyan sitompul on Senin, 08 Mei 2023 | 19.46

 

Jakarta, dutabangsanews.com I "Skadron Udara 14 ditugaskan sebagai unsur sergap di Bawah Kendali Operasi (BKO) Mabes TNI yang tergabung dalam Satgasud, dipimpin oleh Pangkoopsud II," ujar Kepala Dinas Peneranga TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, dalam keterangannya, Senin (8/5/2023).

Indan menyebut unsur sergap F-16 terbagi dalam dua home base, yaitu Lanud El Tari Kupang oleh Skadud 14 dan Lanud Iswahjudi Magetan oleh Skadud 3.

F-16 sendiri, dipimpin Komandan Skadud 14 Mayor Pnb Anwar Sovie, bertugas melaksanakan Combat Air Patrol (CAP) di area Tambolaka. Unsur sergap juga akan dibantu oleh Satrad 226 Buraen, Kupang, yang akan mengkover area selatan dan timur.

Unsur sergap Skadud 14 bakal melaksanakan Quick Reaction Alert (QEA), yaitu kesiapsiagaan skadron tempur untuk dapat airborne secepat mungkin apabila ada perintah melaksanakan scramble di area Lanud Eltari Kupang. Satu flight F-16 Skadud 14 melaksanakan feri dari Lanud Iswahjudi, pada 9 Mei 2023, sekaligus pelaksanaan operasi pengamanan udara di Tambolaka, sebelum mendarat di Lanud Eltari Kupang.RED

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com