Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , , » Tim Verifikasi Lapangan 10 Besar Kampung Berkualitas Terbaik Tingkat Nasional Kunjungi Desa Pondok Batu Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu Sumut

Tim Verifikasi Lapangan 10 Besar Kampung Berkualitas Terbaik Tingkat Nasional Kunjungi Desa Pondok Batu Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu Sumut

Written By mansyur soupyan sitompul on Jumat, 12 Mei 2023 | 09.14

                                   
Kata pidato dari bapak kepala BKKBN sumatera utara 

Desa Pondok Batu Kabupaten Labuhanbatu-Media Online www.dutabangsanews.com I TIM verifikasi terdiri dari pusat dan Provinsi Sumatera Utara, didampingi Bupati Labuhanbatu dr. H . Erik Adtrada Ritonga, MKM, dan Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM., Kamis (11/5/2023).

Tim penilaian Kampung KB (Keluarga Berkualitas) Ir. Yusrizal dan Zulfikar Maulana Ibrahim dari tim penilaian pusat serta bintang perwakilan dari tim verifikasi provinsi, berasama Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Utara Irjal, SE, ME.

Bupati Labuhanbatu, dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM dalam pidatonya mengucapkan, selamat datang kepada seluruh tim verifikasi lapangan 10 besar nominasi Kampung KB Tingkat Nasional tahun 2023 di Desa Pondok Batu.


Pidato dari perwakilan tim penilaian pusat kampung kb, Ir. Yosrizal 

Bupati menyampaikan, Kampung KB Desa Pondok Batu Kecamatan Bilah Hulu ini merupakan Kampung KB terbaik dan menjadi unggulan di Kabupaten Labuhanbatu  maupun Provinsi Sumatera Utara, sehingga diharapkan dapat menjadi motivasi dan contoh Kampung KB yang lain, dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program kependudukan dan keluarga berencana serta pembangunan untuk mewujudkan keluarga kecil berkualitas. "Semoga hasil verifikasi oleh tim penilai ini merupakan hasil terbaik sesuai yang diharapkan,"paparnya.

Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Irjal, SE, ME, menyampaikan sejarah berdirinya Kampung KB dari Keluarga Berenca menjadi Keluarga Berkualitas.  


Dihadiri tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh ulama, ibu-ibu PKK seluruh desa-kecamatan 
bilah hulu dan ratusan masyarakat. 

“Kampung KB memang bermakna Kampung Keluarga Berencana yang kemudian berubah menjadi keluarga berkualitas, kampung keluarga berkualitas di sahkan oleh Presiden Joko Widodo pada Juni 2016, karena pada saat mulai memimpin negara, cerita KB serta lagu mars KB tidak pernah terdengar lagi, dari hal itu yang membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Kepala BKKBN untuk melakukan bagaimana caranya KB ini bisa hidup kembali.

Keluarga berkualitas memiliki ciri yaitu, pertama adalah sehat dan kedua maju, ketiga mandiri ke-empat adalah jumlah anak ideal, menurut Undang Undang Nomor 2 tahun 2009.


Foto bersama Wakil bupati labuhan batu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, Plh. Sekdakab Labuhanbatu Ir.Hasan Heri, Para Asisten sekdakab Labuhanbatu, staf ahli bupati, kepala OPD, Kabag, Kaban , Para Camat , Ketua TP.PKK Labuhanbatu dr. Hj. Maya Hasmita, S.Pog, MM, perwakilan tim penilaian pusat Ir. Yosrizal dan zulfikar maulana ibrahim, serta tim verifikasi provinsi Bintang, dan Kepala BKKBN provinsi sumatera utara, Irjal, SE, ME. 

Irjal, SE, ME Kepala BKKBN Sumatera Utara menambahkan, jumlah anak ideal di sini tidak disebutkan jumlah anak cukup 2, tetapi sekarang dengan adanya perubahan lingkungan strategis kemampuan orang tuanya, kemampuan keluarganya, daya tampungnya, daya dukungnya kuat kenapa tidak jumlah anaknya lebih dari dua. Tetapi kalau daya tampungnya tidak mampu, daya dukungnya juga kurang cukup, maka ya cukup dua saja. Inilah menjadi taglinenya sekarang adalah jumlah anak dua lebih sehat, pungkasnya.

Perwakilan tim penilaian Pusat Kampung KB Ir. Yosrizal menyampaikan, penilaian Kampung KB  di antaranya dinilai dari berapa berhasilnya desa tersebut menjalankan program kemasyarakatan seperti, bergotong royong, pola hidup sehat, lingkungan bersih pemanfaatan lahan kosong seperti pekarangan rumah, contohnya posyandu, BKB, BKR, BKL, UPPKA dan Rumah Data.

Penilaian Kampung KB juga didasari laporan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas BP2KB, disesuaikan dengan cek kami di lapangan, jika dilaporkan 8 tetapi yang dilaksanakan 7 maka nilainya akan kami kurangi, begitu juga sebaliknya. Beliau berharap, Labuhanbatu bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang lain di Kabupaten Labuhanbatu. Sehingga program keluarga berkualitas bisa merata di seluruh Indonesia. “Selamat untuk Kabupaten Labuhanbatu dan Desa Pondok Batu mampu meduduki nominasi 10 terbaik kampung KB tingkat nasional, Labuhanbatu mampu bersaing dengan 83.000 desa lebih se Indonesia. Semoga sesuai dengan yang dilaporkan dan bisa menjadi peringkat terbaik” sambungnya. 


Ratusan masyarakat setempat menyaksikan tersebut juga dihadiri para pimpinan Forkopimda, Plh. Sekdakab Labuhanbatu Ir. Hasan Heri, para Asisten Sekdakab Labuhanbatu, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, kabag, kaban, para camat, Ketua TP.PKK Labuhanbatu dr. Hj. Maya Hasmita, S.Pog, MM, Anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu Dapil 5, para Kepala Desa se-Kecamatan Bilah hulu

Wawancara Wartawan Media Online www.dutabangsanews.com, Kepala Desa Pondok Batu, Kec. Bilah Hulu, Kab. Labuhan Batu, Carli Ester Panihutan Siringo-ringo, dengan kedatangan Tim Verifikasi 10 besar kampung berkualitas terbaik tingkat nasional ini, merupakan suatu kebangaan bagi kita, karena jarang- jarang kita ikut berlomba di tingkat nasional. 

"Mudah-mudahan hasil dari kedatangan tim verifikasi ini, kita bisa menjadi yang nomor 1, Pondok Batu is the best” tutur Kepala Desa Pondok Batu Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu Cari Ester Panahatan Siringoringo. Zein-Asha.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com