Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , , » Kepala SD Negeri 115 Manado Altje Walukow, S.Pd Jadikan Sekolah Kekuatan Penggerak Keberhasilan Siswa

Kepala SD Negeri 115 Manado Altje Walukow, S.Pd Jadikan Sekolah Kekuatan Penggerak Keberhasilan Siswa

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 19 September 2023 | 11.08

 

Kota Manado-Media Online www.dutabangsanews.com I BERDASARKAN penelusuran wartawan media online ini, ketika berkunjung ke SD Negeri 115 beralamat di Jalan  Cendrawasih Malendeng Kecamatan Tikala Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara, menunjukkan eksistensi sebagai sekolah penggerak, untuk peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia sesuai dengan program Pemerintah Kota Manado Dipimpin Walikota Andrei Angouw dan wakil walikota dr. Richard Sualang.

Di sisi lain keberhasilan sekolah ini menggagas projek musical children of nyiur melambai atau kolaborasi musik modern dan tradisional Sulawesi Utara  Kolintang dengan persembahan lagu daerah Minahasa, Nusa Utara dan Bolmong Raya.

Sementara itu Kepala SD  Negeri 115 Manado, Altje Walukow, S.Pd memaparkan, sebagai  sekolah penggerak tentu memacu para siswa untuk terus belajar dan belajar, begitupun dengan para guru harus jeli melihat sejauh mana  kemampuan siswa tersebut.

Sebab peningkatan mutu dan kualitas pendidikan tidak terjadi  di ruang kepala sekolah tetapi di dalam kelas dengan guru sebagai unjung tombak untuk pencapaian tujuan pendidikan yang efektif. Oleh karena itu, peran dan fungsi guru dalam penerapan kurikulum sekolah penggerak yaitu sebagai penggerak kepada peserta didik senantiasa meningkatkan prestasi akademik.


"Melalui pembelajaran kreatif, kolaboratif kemudian agen perubahan bagi terlaksananya pendidikan yang inovatif sehingga menjadi kekuatan penggerak keberhasilan siswa."Ujar kepala SD Negeri 115 Manado Altje Walukow, S.Pd  bertempat di ruang kerjanya dengan penuh semangat.

Lebih lanjut di katakan kepala SD Negeri 115 Manado Altje Walukow, S.Pd, menurutnya bahwa guru yang ada di sekolah ini mengajarkan kepada para siswa dengan metode pembelajaran kurikulum sekolah penggerak, berpusat pada pengembangan dan peningkatan hasil belajar peserta didik sesuai dengan profil pelajar Pancasila di antaranya mampu menciptakan suasana belajar bermakna dan kreatif.

Di sisi lain pendidikan seni adalah salah satu bagian dari kurikulum merdeka belajar   mengembangkan bakat dan kreativitas dalam seni musik yang  menghasilkan produk budaya seperti  kolaborasi musik modern dan tradisional Kolintang, serta perpaduan lagu daerah Provinsi Sulawesi Utara di antaranya : Minahasa, Nusa Utara dan Bolmong Raya. Sebagai wahana untuk menampilkan karya seni dari para siswa." Terang Kepala SD Negeri 115 menutup perbincangan dengan wartawan media online ini.


Di tempat terpisah Ramon Wowor  pemerhati pendidikan  dan dikenal sebagai wartawan senior menuturkan, untuk mengembangkan  sekolah yang efektif bukan hal yang mudah perlu kepemimpinan yang kuat dan perhatian jelas terhadap hasil belajar, kemudian lingkungan yang efektif dan pengawasan serta prestasi.

Semua ini akan terwujud apabila seluruh unsur yang terlibat dalam proses pembelajaran berjalan secara optimal sesuai dengan tugas dan fungsinya. Pasalnya guru yang hebat mampu memotivasi serta menyadarkan siswanya untuk apa dan untuk siapa dia belajar.oleh karena itu  keberhasilan SD Negeri 115 Manado.

"Sebagai sekolah penggerak, memotivasi   siswa mengembangkan bakat dan kreativitas dalam bidang seni selain itu pendidikan karakter  menjadi bagian dari proses pembentukan  perilaku peserta didik untuk  disiplin."  Ucap sekretaris  Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI) Sulut bertempat di kediamannya Kelurahan Paal Empat Kecamatan Tikala, Senin 18/9/2023. Liputan.Johanis Kahingide. 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com