Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Dukungan Kuat Jokowi Agar KPK Tetap Bertaji dengan OTT

Dukungan Kuat Jokowi Agar KPK Tetap Bertaji dengan OTT

Written By mansyur soupyan sitompul on Sabtu, 16 September 2017 | 11.34


Jakarta, Dutabangsanews.com - Aksi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pernah disebut gaduh. Namun KPK mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo.

"Ya, memang kalau ada bukti, ada fakta-fakta hukum di situ, saya kira bagus. Prestasi KPK kan memang di OTT," kata Jokowi kepada wartawan saat meninjau Pasar Baru, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (15/9/2017).

KPK sudah melakukan sederet OTT. Yang ditangkap dari penegak hukum sampai kepala daerah. Terakhir, KPK menangkap Ketua DPRD Banjarmasin, oknum BUMD, hingga pihak swasta dalam OTT.



Selain mendukung OTT KPK, Jokowi juga mengingatkan pejabat daerah untuk berhati-hati mengelola uang rakyat. Menurutnya uang itu bukanlah milik dari si pejabat.

"Hati-hati dalam mengelola keuangannya, baik APBD, APBN, itu adalah uangnya rakyat. Hati-hati," kata Jokowi.

Penegasan Jokowi agar KPK tak diperlemah juga pernah dilontarkan sebelumnya. Bahkan waktu itu menanggapi ucapan politikus separtainya di PDIP, Henri Yosodiningrat, yang mengusulkan agar KPK dibekukan. Belakangan, Henri mendapat sanksi dari PDIP.

"Saya tak akan membiarkan KPK diperlemah," ujar Jokowi bernada tegas usai meresmikan Tol Mojokerto-Kertosono di gerbang Tol Mojokerto, Desa Penompo, Jetis, Jawa Timur, Minggu (10/9).

Sebelumnya OTT KPK menjadi sorotan karena pernyataan Jaksa Agung yang menilai OTT KPK terlalu gaduh. Jaksa Agung juga menyebut penuntutan yang harus seizin Kejaksaan. Pernyataan ini langsung disanggah Seskab Pramono Anung yang memastikan bahwa Jokowi tak akan setuju pelemahan KPK.

"Sekali lagi, dalam hal ini Presiden tidak ada keinginan sama sekali untuk mengurangi kewenangan KPK. Nggak usah ditafsirkan macam-macam," kata Pramono di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (12/9).

Belakangan Jaksa Agung Prasetyo pun mengatakan dirinya mendukung penuh KPK. Salah satu bentuk dukungannya yakni mengirimkan jaksa-jaksa untuk KPK.

"Saya katakan bahwa selama ini Kejaksaan adalah pendukung utama KPK. Begitu banyak jaksa pilihan untuk mendukung pelaksanaan tugas mereka," ujar Prasetyo di kantornya, Jl Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (14/9). Red
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com