Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan : GERMAS Merupakan Tindakan Sistematis Dan Terencana Yang Dilakukan Bersama-Sama Seluruh Komponen Bangsa

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan : GERMAS Merupakan Tindakan Sistematis Dan Terencana Yang Dilakukan Bersama-Sama Seluruh Komponen Bangsa

Written By mansyur soupyan sitompul on Rabu, 11 April 2018 | 16.37

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap membuka sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) tahun 2018.
Kota Pinang-www.dutabangsanews.com I WAKIL Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap membuka secara resmi sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS), Senin (9/4) di Sudimampir Convention Hall Grand Suma Hotel. Turut hadir pada acara tersebut Pimpinan OPD, Kepala Puskesmas se-kabupaten Labuhanbatu Selatan dan masyarakat.
Drs. Kholil Jufri Harahap dalam sambutannya mengatakan, GERMAS merupakan tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.
“GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian”, kata Drs. Kholil Jufri Harahap.
“GERMAS dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban sehat. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada 3 kegiatan yaitu melakukan aktifitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur dan memeriksa kesehatan secara teratur”, jelas Drs. Kholil Jufri Harahap.

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap bersama peserta Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melakukan senam peregangan

Lebih lanjut Drs. Kholil Jufri Harahap menjelaskan untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran dinas kesehatan saja, peran dinas lainnya turut menentukan dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat.
“salah satu dukungan nyata lintas sektor untuk suksesnya GERMAS diantaranya program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM), Dinas PUPR berfokus untuk pembangunan akses air minum, sanitasi, sarana olahraga dan pemukiman layak huni sebagai infrastuktur dasar mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Dinas Pertanian dan Hanpang fokus pada penyiapan ketersediaan buah dan sayuran serta dinas Pemuda dan Olahraga fokus untuk memfasilitasi dan menyelenggarakan kegiatan olahraga”, jelas Drs. Kholil Jufri Harahap.
Diakhir sambutannya, Drs. Kholil Jufri Harahap mengajak pihak terkait untuk bersama-sama mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) kepada masyarakat.
Sementara itu, Kadis Kesehatan Siti Nursia Tanjung, S.Kep dalam laporannya menjelaskan, sosialisasi GERMAS bertujuan untuk menggalang kebersamaan dan memupuk semangat kerjasama antara pemerintah, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan dan tenaga kesehatan, baik yang berada di instansi pemerintah maupun swasta agar saling mendukung pembangunan kesehatan sehingga masyarakat semakin mengerti arti pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

Siti Nursia Tanjung, S.Kep berharap sosialisasi GERMAS dapat menumbuhkembangkan kesadaran yang tinggi kepada seluruh elemen masyarakat akan pentingnya hidup sehat, dan dapat melaksanakan indikator yang tertuang di GERMAS. SHN.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com