Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , » Komunitas Cilodong Berkarya Ciber Pelaku UMKM Di Sekitaran Alun-Alun Kota Depok Mereka Ibu-Ibu Tangguh Dan Kuat Membangun Ekonomi Keluarga

Komunitas Cilodong Berkarya Ciber Pelaku UMKM Di Sekitaran Alun-Alun Kota Depok Mereka Ibu-Ibu Tangguh Dan Kuat Membangun Ekonomi Keluarga

Written By mansyur soupyan sitompul on Rabu, 06 April 2022 | 09.44

 


Kelurahan Jatimulya Kota Depok-Media Online www.dutabangsanews.com I PERAN UMKM begitu besar dalam hal membantu perekonomian keluarga, tidak hanya membantu ekonomi keluarga. Tetapi, memberikan harapan nyata bagi mereka pelaku UMKM. Saat ini kita dihadapkan kepada wabah pandemi, sehingga orang-orang keluar rumah hanya bersifat hal-hal yang perlu saja. Tetapi,  Orang-orang yang berada di rumah adalah bagian dari pemasaran bagi pelaku-pelaku UMKM. Bagaimana tidak, orang-orang berada di rumah tersebut, tentu membutuhkan makan siang. UMKM bisa memberikan jalan keluar kepada orang-orang yang berada di rumah dengan memesan berbagai kebutuhan mereka melalui pemasaran online. Sehingga ada penyediaan dan permintaan antara pembeli dan penjual.

Menurut Lurah Kalimulya Aripudin, A. Md, UMKM di kelurahan yang dipimpinnya hingga kini berjalan baik, kendati diterpa wabah pandemi, tidak membuat para pelaku UMKM di Kelurahan Jatimulya patah arang. Para pelaku UMKM di sini, tetap memasarkan produk mereka malakui online, hal itu jangkauannya lebih luas lagi dari pada dengan pemasaran ofline. Banyak Warga Kelurahan Jatimulya masuk dan terjun sebagai pelaku UMKM dan mereka berjualan di sekitaran Alun-alun Kota Depok. Dengan mereka berjualan di sekitaran Alun-alun kota Depok, diharapkan bisa menambah perekonomian kekuarga.


"Dari kelurahan tetap mendukung, mensupport para pelaku UMKM ini, karena tanpa didukung, tanpa disuppotr, mereka akan berhenti begitu saja, Alhamdulillah, saya dan rekan-rekan di Kelurahan Jatimulya tetap mendukung UMKM  sehingga UMKM ini bisa berjalan dengan baik, paling tidak. Dengan kondisi seperti wabah pandemi saat ini, para pelaku UMKM bisa menjaga ekonomi keluarga mereka."Demikian kata Lurah Jatimulya Aripudin, A. Md kepada Wartawan Media Online www.dutabangsanews.com bertempat di Kelurahan Jatimulya di bilangan Kompleks Kota Kembang GDC Kelurahan Jatimulya Kecamatan Cilodong Kota Depok Provinsi Jawa Barat. Kemarin Selasa 5 April 2022.


Dengan menurunnya wabah pandemi saat ini ucap Lurah Kalimulya Aripudin, A. Md, banyak pelaku UMKM di Kelurahan Jatimulya, mereka lebih banyak menggelar dagangan  mereka dengan menggelarnya, kalaupun berdagang dengan online hanya ketika ada pelanggan membeli dengan online dan tetap direspon dengan baik. Para pelaku UMKM di Kelurahan Jatimulya ini mereka rata-rata adalah kaum ibu-ibu, mereka sangat ulet, ibu-ibu pelaku UMKM di kelurahan ini sangat  tangguh, sangat kuat, mereka lebih berani dan tetap semangat. Kendati, perekonomian mereka merosot. Tapi, para pelaku UMKM di sini mereka tetap berjalan, mereka tetap berjualan dengan baik. Semangat mereka begitu tinggi untuk tetap berjualan, sehingga perekonomian mereka tetap berjalan dan tetap langgeng.


"Dengan adanya pelaku UMKM di sekitaran Alun-alun Kota Depok, para pelaku UMKM di sekitaran Alun-alun, mereka para pelaku UMKM dengan Komunitas Cilodong Berkarya, ketika ada pelaku UMKM masih tersendiri, kami mengarahkannya bergabung dan masuk dalam Komunitas Cilodong berkarya atau Ciber. Saat pengguna jalan dari GDC melihat di sekitaran Alun-alun mereka adalah pelaku UMKM di bawah Komunitas Ciber,"tutur Lurah Kalimulya Aripudin,  A. Md.


Dari lima kelurahan yang ada di Kecamatan Cilodong terang Lurah Kalimulya Aripudin, A. Md, seperti Kelurahan Cilodong, Kelurahan Kalimulya, Kelurahan Jatimulya, Kelurahan Sukamaju, Kelurahan Kalibaru, di mana ada pelaku UMKM yang ingin bergabung di Ciber silahkan aja masuk dan bergabung, tapi. Di Ciber juga ada aturan-aturan mainnya yang harus ditaati, harus dipenuhi para pelaku UMKM. Paling prioritas adalah, harus dijaga lingkungan kebersihan dan keamanannya. Agar semua aman dan nyaman dalam menjakankan aktivitas berdagang di sekitaran Alun-alun Kota Depok, hal itu sudah menjadi komitmen Ciber.


Dalam hal memenuhi kebutuhan mereka pelaku UMKM tutur Lurah Kalimulya Aripudin, memang tidak 100 persen. Tapi, ditataran 80 persen, para pelaku UMKM di sekitaran Alun-alun Kota Depok atau di tempat lain di kelurahan ini, mereka mampu memenuhi kebutuhan mereka. Karena berdasarkan kegigihan, keuletan ibu-ibu. Peran Kelurahan Jatimulya kepada pelaku UMKM di sekitaran Alun-alun Kota Depok, pihak kelurahan selalu berkoordinasi dengan pihak Ciber. Pihak kelurahan juga kerab mendukung Ciber dalam hal berbagai pelatihan kepada para pelaku UMKM, sehingga sinergitas hingga kini terus berjalan dengan baik."Harapan saya ada, mari kita satu misi dan satu visi untuk membangun UMKM di Kelurahan Jatimulya. Dengan situasi wabah pandemi saat ini, Insha Allah para pelaku UMKM bisa bertahan dan bangkit kembali," demikian pesan Lurah Kalimulya Aripudin kepada pelaku UMKM di Kelurahan Jatimulya. Mansur Soupyan Sitompul. 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com